Menjejaki Candi Gunung Gangsir, Menapak Spirit Agronomi di Tengah Gempuran Industrialisasi

Artinya, saya bisa sedikit bernafas lega. Dan artinya lagi, bisa jalan-jalan. Penting lho jalan-jalan itu. Apalagi kalau mood saya mulai jelek. Nah, karena masih dalam masa berkabung hari-hari penghabisan bulan (baca: tanggal tua), saya tak bisa bebas jalan-jalan yang berat di ongkos. Pilihan pun jatuh kepada….. Candi.

Haha, saya banget ya. Memang saya tak pernah bosan menjelajahi candi demi candi. Terutama, candi-candi di sekitar Jawa Timur. Rupanya, ada satu buah candi di Kabupaten Pasuruan yang belum saya jelajahi. Candi ini bernama Candi Gunung Gangsir.

Perjalanan saya menuju candi ini dari Kota Malang dimulai sekitar pukul 8 pagi. Waktu yang cukup siang karena matahari sudah menampakkan diri dengan bahagianya. Singkat cerita, motor yang saya kendarai dengan mudah membelah batas Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan. Saya masih berdoa bisa selamat ketika melewati daerah Purwodadi, Pasuruan. Bukan isapan jempol saya melakukannya. Bangkai truk yang menghantam puluhan motor dan mobil akibat kecelakaan karambol awal tahun ini, masih terpampang dengan indahnya.

 

Selengkapnya di ikromzzzzt

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *