Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Aqua : Factory visit with Blogger Jatim

10.01.2013 · Posted in blogging, Wisata

Mengawali perjalanan sabtu pagi dengan semangat dan berharap memuaskan. Tujuan kami hari ini adalah perbincangan pelestarian lingkungan bersama aqua, yang mana acara ini merupakan sebuah acara dari serangkaian acara yang di gelar di 4 kota berbeda, yaitu bandung, surabaya, bali, dan jakarta. Blogger ngalam mendapat undangan untuk menghadiri bersama 3 klub blogger lain yaitu dari blogger detik surabaya, dpuma (detik pulau madura), dan TPC (tugu pahlawan.com). Rencana awal acara ini dimulai pukul 09.30 namun walhasil mulai pukul 10.00 (alhamdulilah..). kami menuju pabrik di bagian kedung candi kab pasuruan yang mana pabrik ini terfokus pada pembuatan aqua 5 galon.

Tujuan 1 : sidoarjo

ya, mau tidak mau kami harus menuju meeting point di sidoarjo. Tempat asal ada di apollo namun atas berbagai pertimbangan kami memutuskan untuk meeting point di arteri, 07.30 tepat kami sampai di arteri, sudah ada cak wigi sendirian menunggu bis yang tak kunjung datang. Beberapasaat menunggu kami berangkat bersama bis mini dengan 22 orang dengan rincian 7 orang EO, 5 Orang Dpuma, 6 Orang dari surabaya, sisanya kita :) .


Selamat datang di AQUA :)

Tujuan 2 : kantor pabrik Aqua

sampai di pabrik aqua pukul 10.00 kami ditujukan ke bagian office nya langsung saja ada coffe break sambil melepas penat lalu dilanjutkan dengan seminar mini. Beberapa tahapan seminar mini selama kurang lebih 3 jam.

  • Plant manager menyampaikan tentang sedikit profile dari aqua mulai dari pendiri sampai peta pabrik dan jenis sumber yang ada di pabrik kebon candi. Yaitu sumber lanang karena sumbernya muncrat ke atas.

  • Dr. Gunawan Wibisono, sang Ahli air. Bapak ini menjelaskan bagaimana tentang siklus hidrologi, lalu tentang sumber air potensial, ancaman terhadap air di kab. Pasuruan serta bagaimana cara pelestariaannya. Memang benar benar merasa kuliah 3 sks, walhasil ngantuk :) .

  • yang terakhir, hari wicaksono selaku sustainable development. Menjelaskan tentang CSR (Corporate Social Responsibility). Dimana pada dasarnya harus memperlihatkan dan berbuat untuk lingkungan sekitar pabrik, terbagi menjadi 4 program besar yaitu aqua lestari (pelestarian lingkungan), perusahaan ramah lingkungan, pemberdayaan masyarakat, pengelolaan distribusi. Acara ini membuka session “Question & Answer”, fuad sempat menjadi salah satu penanya


Plant Manager

Pak Ahli Air nih..

Tujuan 3 : seluruh pabrik aqua

ini waktunya anda membayangkan saja apa yang terjadi, karena kita dilarang mengambil foto.

Menuju ke bagian laboratorium yang mana terdiri dari 4 ruang, di tempat ruang banyak peralatan lab (ya kan laboratorium :) ), sepatu saja harus diberikan pelindung biar tidak ada sesuatu yang tertinggal. Di dalam lab hanya ada 4 orang laboran saja. Ada ruang pembiakan microbacteri, penelitian kualitas, penanaman dan pengovenan. Dilanjutkan di luar laboratorium adalah IPAL 2(tempat pegolahan air limbah sebelum dibuang ) sehingga diharapkan tingkat pH lebih rendah. Lalu dilanjutkan menuju pabrik di dalam, melihat bagaimana klasifikasi dari pemilihan galon yang dilakukan oleh survey control sampai kebagian pengisian dan akhirnya di bawa ke truk sangat sederhana.

Jika ada galon datang, galon diperiksa. Jika ada yang cacat (ada tulisan, ada goresan, label nya rusak dan beberapa kriteria lain) maka galon di masukan bagian pemecah, jika tidak dilanjutkan ke bagian penyucian, selama 12x cuci mulai diasapi lalu menggunakan deterjen khusus buat pencucian sampai akhirnya di isi air, ketika di isi air pun juga dilihat oleh survey kontrol lagi apa bisa di sebarkan ke pelanggan. Setelah itu di angkut ke bagian distribusi.

Melanjutkan melihat IPAL 1 dan disebelah nya tempat pemecahan galon, dari galon yang tidak masuk kualifikasi.kemudian perjalanan ke bagian sumber utama dari pabrik, disitu ada ruangan dengan pompa yang tidak pernah istirahat menyalurkan air ke pabrik. Sebelum pulang kami di beri tutorial bagaimana cara meremuk botol yang baik. Dan tentunya sebuah goody bag serta beberapa botol aqua dan mizone.


IPAL 2

Lagi perjalanan muterin pabrik

Tujuan 4 : Warung sebelah pabrik

hal ini menjadi tempat terpisah karena warungnya pun terpisah dari pabrik, sekitaran 500 m dari pabrik. Disini kami ishoma, dan bersebelahan dengan pak rony rusdiyansah, selaku external communications manager , dari beliau kami menimba ilmu singkat tentang bisnis meliputi berbagai hal ngalor ngidul selama kurang lebih 2 jam an.


di warung makan nih..

Tujuan 5 : Menuju CSR

yaitu perjalanan menuju ke beberapa CSR yang sudah berkembang

  • sekolah Belajar aqua.

Disini merupakan gedung multifungsi 2 tingkat ,bagian bawah untuk kelas taman anak anak. Sedang bagian atas digunakan untuk ibu ibu pkk yang sedang belajar membuat batik lukis tangan, bermotif dari pasuruan. Dan menjadikannya khas sekali.

  • Pembuatan makanan ringan

merupakan home industry yang didamping oleh aqua, menyediakan berbagai olahan seperti krupuk, kripik, kacang telur, dan susu kedelai. Kami mendapat 4 pack jajanan yang kami bawa pulang secara gratis. Alhamdulilah :) .


semua peserta mampang narsis

Tujuan 6 : Malang

ya karena sudah selesai acara factory visit kita harus kembali ke malang.

Ah, belum puas setelah sekali ini berkeliling pabrik aqua, semoga suatu saat ada factory trip lagi dan bisa ikutan lagi *ngarep :) . sekian dulu dokumentasi perjalanan semoga manfaat


dan segenap kru yang berangkat :)
Share

One Response to “Aqua : Factory visit with Blogger Jatim”

  1. [...] “Ah, ya sudahlah. Lha wong namanya juga kelalaian diri sendiri, apa mau dikata.” ini adalah ungkapan terdalam saya setelah ngumek dan ngedumel ngoprek database wordpress yang kena hek sekaligus lupa back up secara berkala. Ya sudah, mau ndak mau harus ikhlas meskipun sekarang juga masih berusaha ngoprek buat dapetin total post yang saya udah tulis kemaren sih. Mulai dari curhatan sampe beberapa dokumentasi terakhir pas perjalanan di pabriknya aqua. [...]

Switch to our mobile site