Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Workshop Even Komunitas di Solo

04.25.2012 · Posted in Komunitas

Hmmmm. Itu kesan pertama saya waktu nerima email undangan workshop dari Pak Dhe Blontankpoer untuk datang ke Solo mewakili Bloggerngalam. Tak seperti undangan komunitas kebanyakan, dalam undangan ini saya dipesan untuk tidak ‘menyuarakannya’ di social media atau memberi tahu teman-teman di komunitas kami. Intinya, tak ada publikasi.

Keheranan saya bertambah kala tiba di Rumah Blogger Indonesia (RBI) Sabtu (14/4) siang, di sana sudah bertengger teman-teman dari komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru, Bangfiko dan Pak Attayaya, serta dari Blogger Maluku diwakili (lagi-lagi) Almascatie. Tak lama kemudian datang dedengkot Blogger Madura (Plat-M), Wahyu Alam. Hmmm ini acara nasional, biaya transportasi peserta diganti panitia, kok tak ada publikasi?

Lanjut ke hotel tempat acara dan menginap selama tiga hari dua malam (14-16 April), Hotel Anugrah Palace, keheranan masih berlanjut. Tak ada tanda-tanda kalau bakal ada sebuah acara komunitas ada di sini. Tak ada bentangan umbul-umbul, banner, spanduk yang menghiasi hotel ini. Bersih, seperti tak ada sponsor yang membiayai acara ini. Yang terlihat di sana hanya kedatangan pak Ketua Bloggerngalam Haqqi yang karena urusan kerjaan terpaksa berangkat dari Yogyakarta.

Sabtu malamnya barulah keheranan saya terjawab. Kami diajak ke RBI lagi untuk menikmati makan malam sembari diiringi alunan live musik Keroncong. Dalam sambutannya Pak Dhe Blont menjelaskan, “Kita tetap ada sponsor kok. Cuma saya kan orangnya pekewuh, kalau ada publikasi, semua bakal tahu dan nanti malah banyak yang pengen ikut workshop ini, saya nggak bisa nolak. Yang ada saya dan teman-teman Bengawan malah repot nggak bisa melayani teman-teman dengan baik.”

Pak Ketu Haqqi dan saya di antara teman-teman saat di RBI

Dari lanjutan sambutan Pak Dhe berikutnya dapat saya ambil pelajaran bahwa untuk menggelar sebuah acara kita selaku komunitas masih punya hak otonom dalam deal-dealan dengan sponsor. Sebisa mungkin kita pertahankan konsep acara kita, tanpa harus tunduk, patuh, manut grubyuk tak berembug pada si pemberi uang. Bengawan sudah membuktikannya. Lalu bagaimana caranya? Semua dijelaskan di hari kedua dan ketiga dari acara yang bertajuk “Workshop Sumberdaya dan Pengorganisasian Event Komunitas Blogger.”

Setelah mas Donny BU mengisi Sabtu malam dengan memberi semangat pada kami selaku komunitas untuk menjadi Social Enterpreneur, di hari Minggu giliran Om Nukman yang memberikan sejumput ilmunya. Beliau menjelaskan tentang “how to create event.” Kata pria yang lebih senang disebut George Clooney ini, kunci dari sebuah acara itu ada inisiator (satu orang saja cukup), value added dari gagasan inisiator tadi, selanjutnya Kopdar untuk perumusan acaranya. Sayang waktu beliau sebentar dan penjelasannya tak sampai selesai, maklum seleb sudah ditunggu pesawat.

Mbak Shita Laksmi dari Hivos menjadi pembicara kedua di Minggu ini. Dalam sesinya, beliau ingin kami menceritakan kendala-kendala apa yang tengah dihadapi komunitas kami. Pertanyaan terpenting dari mbak Shita adalah, “Apa sih mimpi bersama dari komunitas kalian?” Di Bloggerngalam… entahlah.

Selepas makan siang, giliran founder Saling-Silang Didi Nugrahadi menjadi narasumber selanjutnya. Ditemani Motulz, beliau menceritakan pengalaman Saing-Silang dalam mengcreate event Social Media Festival tahun lalu. Gratisnya FX, kendala nyerahnya event Organizer (EO) dan pengalaman-pengalaman yang menurut mereka baru pertama kali diceritakan di situ. “Yakin dan solid dengan komunitas sendiri tanpa mengandalkan EO menjadi kunci kesuksesan sebuah acara,” tegas Pak Didi sebelum mas Ahmad Nasir dan Suwardjono menjadi pembicara selanjutnya.

Duet XL Axiata Tbk, Hera Laxmi dan Teddy Barra menjadi pembicara di sesi malam. Mereka memberi penjelasan apa sih yang dimauin sponsor, scope acara dan ke mana kami harus mengantarkan proposal dijelaskan keduanya. #Karpetbiru kemudian menjadi trademark yang disematkan ke saya. Ya, pengalaman dengan XL Malang ganti karpet merah dengan biru, jualan perdana di #Oblongmerahmuda saya cuhatkan di situ. Kata Pak Teddy sih itu ulah Dealer bukan permintaan XL kok.

Ibu Mariam Barata dari Kominfo akhirnya menjadi pembicara terakhir dan menutup hari kedua workshop ini. Sebagai stakeholder atawa pemerintah beliau pun jadi sasaran keluhan dari teman-teman daerah. Terutama Almas yang memang Indonesia Timur masih dianaktirikan untuk urusan fasilitas dari pemerintah. Tapi dengan santun Bu Mariam menerima curhatan tersebut dan berusaha menindaklanjuti laporan teman-teman tersebut.

Sigit Wid menjadi pembicara terakhir di hari ketiga, Senin (16/4). Selain ngejelasin alur dana dan kenapa Pandi bersedia support acara komunitas, dosen muda ini menegaskan bahwa Pandi siap memberi gratis portal blog komunitas yang selama ini masih .com atau .net untuk diubah menjadi or.id. Dua tahun gratis!

Selanjutnya kami pulang ke daerah masing-masing dengan ilmu yang berharga ini. Terimakasih Bengawan!

Share

Author:

bukan SelebBlog, bukan SelebTweet apalagi Selebritis.. Yang penting Selebrasi!

website: http://frog.web.id/

18 Responses to “Workshop Even Komunitas di Solo”

  1. Konco sekamar says:

    Kaos mana kaos ………

    Enak yo turu thok nang bis sampe ra ngerti macet berjam2. Tapi pengalaman kui sby -solo 12 jam

  2. jadi, apa mimpi bersama bloggerngalam?

  3. mantap. semoga sukses

  4. wah skalian mampir k jogja rek,,skedar nongkrong nang mallioboro..hehe salam knl buat smua,..

  5. Numpang mejeng sob ??

  6. salam hangat gan dari blogger blitar….

  7. ikut nimbrung yaa.. sukses aja btw..

  8. wah keren nie ..
    kapan dong om worksopnya dateng ke lampung :D

  9. Wah, keren juga ya acara blogger nusantara ini. Pingin sih suatu saat ikut…

  10. Mau berbagi informasi…
    Buat yang aktif nge-blog dan ingin berbagi informasi tentang peristiwa di seputar Anda. Portal Berita Jurnalisme Publik | EKSPOSRAKYAT.com mengundang Anda untuk menjadi Kontributor.
    Bagi yang aktif bisa direkrut menjadi wartawan tetap. Silahkan mendaftar menjadi Kontributor di EKSPOSRAKYAT.com

  11. banyak ilmu yang saya dapatkan disini, khususnya yang aku baca saat ini tentang workshop even, terimakasih dan salam ukhuwah wahai sauadaraku.

  12. wah mantap ni workshopnya, smoga bisa sering dilakukan dan pesertanya bisa diperluas

  13. Pengan punya kesempatan ikutan workshop bersama teman teman. mau belajar biar bisa nebarin virus kebahagian selama perjalanan. Keep Blogging, semangat7x

Switch to our mobile site