Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Reporting Linux Camp 2012 part 1

04.16.2012 · Posted in Komunitas

Baru kali ini saya mengikuti acara yang berbau linux skala yang lumayan besar. Emang sebelumnya ndak pernah? Lha, itu Install Fest waktu di STIKOM Surabaya? Err…. iya sih. Ini pula adalah himbauan dari ketua bloggerngalam—Haqqi–untuk mengutus salah satu anggota bloggerngalam menjadi peserta di acara yang digelar oleh KOLAM (Komunitas Linux Arek Malang ). Saya berangkat dari rumah menggunakan sepeda motor yang kemudian nunutsama mbah Deche untuk pergi ke TKP. Sebelumnya saya harus mohon maaf, karena tidak memakai kamera digital yang bagus, foto-foto yang saya gunakan memakai kamera Ponsel 2Mbpx Samsung Galaxy GT-I5503 milik saya. Saya tidak bertanggung jawab kalau ada yang merasa terkena kanker mata setelah melihat foto ini. (doh)

Pembukaan Linux Camp 2012

Penunjuk Arah Asrama

Penunjuk Arah Asrama

TKP kegiatan ini ada di P-WEC. Sebuah tempat yang dibangun untuk keperluan mengenal lingkungan khususnya Flora dan Fauna. Tempat ini didirikan oleh Yayasan ProFauna, kalau anda masuk ke tempat ini nuansa cagar alamnya sangat terasa. Banyak tumbuh-tumbuhan langka dan juga pelajaran-pelajaran bagi mereka yang sangat mencintai alam untuk menjaga kelestarian alam. Mulai dari nama asramanya yang dinamakan dengan nama binatang seperti “Asrama Siamang” yang merupakan tempat saya dan para peserta lainnya menginap.

Ada juga “Asrama Orang Utan” dan lain-lain. Di dalam Balai Makan Anda bisa mendapati poster-poster yang mengajak orang-orang untuk mencintai alam, mencintai orang utan, mencintai flora dan fauna. Di dinding yang terbuat dari kayu sepenuhnya itu ada lukisan-lukisan dari anak-anak SD. Semuanya bertema alam. Tidak hanya itu peraturan di sini cukup ketat untuk sampah, bahkan tidak boleh kami meninggalkan sampah semacam plastik di tempat ini. Tidak jauh dari tempat saya menginap ada sebuah tempat untuk outbond. Mungkin ini bisa jadi salah satu tempat tujuan untuk outbond, apabila ada di antara anda yang ingin mencobanya.

Apa saja yang ada di P-WEC

Apa saja yang ada di P-WEC

Apa saja yang ada di P-WEC

Apa saja yang ada di P-WEC

Apa saja yang ada di P-WEC: Outbond

Apa saja yang ada di P-WEC: Outbond

Apa saja yang ada di P-WEC

Apa saja yang ada di P-WEC

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 24-25 Maret 2012 ini dimulai pukul 14:00, sementara itu saya sempatkan untuk berkeliling, mempelajari medan. Pukul 13:00 acaranya adalah makan siang, setelah sebelumnya sholat Dzuhur. Setelah makan baru pada pukul 14:00 acara dimulai. Acara dimulai dengan sambutan oleh Dedi Pradana sebagai Ketua Panitia Linux Camp 2012. Kemudian disambung oleh Zainudin sebagai ketua KOLAM, dan perwakilan dari Kemenkominfo Bambang Winarno, S. Kom. Setelah sambutan, kami kemudian melakukan sholat Ashar terlebih dahulu. Kemudian disambung dengan materi workshop keorganisasian yang diisi oleh KLAS. Yang menjadi pembicara adalah Arie sebagai ketua KLAS.

Peserta yang antusias mengikuti workshop

Peserta yang antusias mengikuti workshop

Workshop Keorganisasian

Dalam workshop keorganisasian ini, kita membahas tentang masalah-masalah yang ada dalam organisasi dan juga bagaimana cara mengatasinya. Sepertinya ini bisa juga diterapkan dalam masalah-masalah keorganisasian secara umum, dan memang seharusnya materi ini dipakai untuk seluruh keorganisasian secara umum. Saya ceritakan sedikit (padahal sampai 2 halaman nulisnya (ninja) ).

workshop keorganisasian

workshop keorganisasian

Kebanyakan masalah-masalah yang ada di dalam keorganisasian itu antara lain:

1. Masalah SDM (Sumber Daya Manusia)

Riciannya:

- Kurang Motivasi, Aktif, Kreatif, Interaktif, komitmen

Solusi dari masalah SDM ini adalah hendaknya setiap anggota organisasi memperbaiki niat mereka setiap hari. Semisal, kenapa kamu ikut organisasi ini, apakah sekedar main-main? Ataukah sekedar ikut-ikutan temen? Ataukah benar-benar ingin memberikan sesuatu yang baik kepada organisasi ini. Niat-niat tersebut harus ditata ulang, oleh karena itu perlu ada satu orang contohnya ketua organisasi yang memberikan semangat terus kepada setiap anggotanya untuk lebih termotivasi.

Berikutnya setiap saat selalu mencari atau update ilmu tentang masalah motivasi. Bisa jadi dengan mengambil ilmu dari motivator-motivator terkemuka merupakan salah satu jalan. Dan hendaknya dalam masalah ini setiap anggota juga punya kewajiban mengingatkan para anggotanya agar selalu termotivasi dalam setiap kegiatan. Yang paling penting juga interaksi antar anggota, juga komitmen yang terus dijaga di dalam berorganisasi. Karena setiap manusia di dalam organisasi itu penting. Ingatlah bahwa setiap Anda yang ada di dalam organisasi itu merupakan manusia yang bisa menggerakkan sebuah organisasi. Bukan ketuanya saja.

Stiker & Kartu Pengenal

Stiker & Kartu Pengenal

2. Masalah SDNM (Sumber Daya Non Manusia)

Masalah-masalah SDNM ini sangat klasik dan hampir dimiliki oleh kita yang berada di organisasi bergerak di bidang IT, entang itu bloggerngalam sendiri ataupun organisasi-organisasi yang lain, apa saja?

- Tidak punya tempat / sekretariat.

- Tidak punya peralatan

- Fakir bandwith

- Tidak jelasnya struktur keorganisasian.

- No Cash

- Profit / non Profit

- Legal / Ilegal

Solusinya, sebuah organisasi apalagi organisasi yang ingin dikenal dan besar, maka harus punya tempat sekretariat, yang mana agar orang-orang bisa menghubungi apabila sewaktu-waktu dibutuhkan atau yang ingin mengajak kerja sama. Bisa jadi itu sebuah tempat di mall, yang mana kerja sama dengan pihak mall tersebut untuk membuka stand di sana, namun sudah pasti nanti ada imbal balik dari pemilik mall tersebut, semisal mempromosikan mall-nya. Sangat disarankan mall yang baru saja buka, karena mall yang baru saja buka lebih ingin agar banyak pengunjungnya. Jadi apabila ada acara-acara besar yang menggunakan tempat yang luas, salah satunya bisa memakai mall ini. Mungkin juga tempat kos, ataupun kantor yang mana bisa dipakai. Hal ini tergantung dari kita yang bisa melihat peluang, asalkan jelas kita punya tempat. Namun juga kita harus ingat juga tentang komitmen, yaitu sekretariat itu harus buka tiap hari, apakah bisa?

Tidak punya peralatan, maka harus diusahakan, misalnya bekerja sama dengan vendor-vendor tertentu, yang mana sebagai imbasnya kita mempromosikan hardware tersebut apabila mereka membantu kita. Fakir bandwith adalah masalah klasik, bagaimana kalau misalnya bekerja sama dengan ISP atau salah satu operator telco? Sehingga disetiap kegiatan kita mempromosikan, bahwa organisasi ini didukung oleh ISP X misalnya.

Tidak jelasnya struktur keorganisasian bisa jadi juga adalah sesuatu hal yang membuat tidak termotivasinya sebuah organisasi, sehingga menyebabkan banyak lempar tanggung jawab. Maka dari itu ketika membentuk sebuah organisasi harus jelas jobs discriptionnya. Agar tidak terjadi lempar tanggung jawab.

No Cash juga masalah klasik. Ada 3 macam solusi untuk mengatasi hal ini, pertama mencari sponsor. Kedua iurang wajib. Ketiga kita mengerjakan sebuah projek, yang mana hasil dari keuntungan pengerjaan proyek tersebut bagi hasil antara si pembuat yaitu salah satu anggota organisasi atau pun proyek tersebut kita lempar ke orang lain, namun dengan ada perjanjian tertulis bagi hasil sekian persen masuk ke kantong organisasi, sekian persen masuk ke kantong yang mengerjakan.

Profit dan non profit ini berhubungan erat dengan motivasi. Biasanya sebuah organisasi awalnya adalah non profit, dan bisa pecah lantaran organisasi tersebut menjadi non profit, karena akan banyak kepentingan-kepentingan yang masuk di dalamnya.

Legal dan non ilegal. Permasalahan timbul mana kala sebuah organisasi ingin menggunakan salah satu fasilitas umum ataupun swasta. Apabila organisasi tersebut ilegal, sangat susah sekali mendapatkan ijin. Kalau misalnya organisasi itu legal, maka harus lebih ada komitmen di dalam pengurusnya, yaitu mereka harus rela diikat oleh aturan dan tanggung jawabnya jelas. Dan keutungannya legal adalah bisa dengan mudah mengikuti proyek-proyek IT ataupun sponsor-sponsor pun jadi tidak ragu untuk membantu organisasi tersebut dalam berbagai kegiatan. Dan kelemahan ilegal lainnya adalah para anggotanya cenderung pasif, komitmennya rendah tergantung mood, dan tidak ada yang mengikat mereka secara hukum, sehingga seenak sendiri.

Dalam organisasi sangat penting yang namanya Regenerasi. Cara untuk perekrutan anggota pun macam-macam, bisa rekrutmen terbuka. Misalnya dibuat sebuah sistem penerimaan anggota baru, namun jangan lupa harus ada pembinaan, sebagaimana di bloggerngalam kita ada ospek buat anggota baru. Kemudian bisa juga dengan cara ngajak-ngajak teman, biasanya cara yang ini lebih efektif, karena kita bisa mempromosikan segala hal yang kita tahu tentang organisasi kita tersebut dengan lebih luwes, sehingga mereka pun ikut dengan penuh komitmen nantinya.

Di dalam workshop keorganisasian ini pula dibahas tentang contoh-contoh komunitas yang baik. Dalam hal ini Arie KLAS memberikan sumber dari Indonesia Most recommended Consumer Community 2010. Yang mana bisa dilihat juga di majalah SWA. (penulis lupa mencatat majalah SWA edisi ke berapa tahun berapa).

Pertama yang pasti Soliditas, yaitu kompak, ada logo, ada AD/ART dan alamat resmi.

Kedua Manfaat, yaitu manfaatnya banyak sekali, sebagai wadah komunitas untuk beraktivitas, memberikan solusi dan juga membangun jejaring sosial dan akses.

Ketiga Peduli terhadap lingkungan sosial, sering mengadakan kegiatan-kegiatan sosial yang bisa menarik simpati.

Keempat kompetensi atau eksistensi, yaitu sebuah organisasi paling tidak kompetitif terhadap organisasi yang lainnya dan juga eksistensinya harus tetap ada.

Kelima kesediaannya menerima hal baru, ide dan pengetahuan.

Keenam Kemampuan bekerja sama, yaitu profesionalisme dalam bekerja sama sangat diutamakan.

Ketujuh Kontribusi mereka terhadap merk, misalnya bloggerngalam mendukung peningkatan, penjualan, loyalitas atau brand building terhadap salah satu produk.

Musyawarah ILC 2012

Musyawarah ILC 2012

Musyawarah ILC 2012

Acara berikutnya adalah musyawarah untuk ILC 2012. Apa itu ILC (Indonesia Linux Community) ? Sebagaimana yang bisa saya tangkap ILC adalah sebuah pertemuan besar komunitas linux se-Indonesia Raya untuk membuat sebuah gebrakan atau gerakan Indonesia Go Opensource. Konsep ILC 2012 ini nanti bertemakan “Mengangkat Derajat bangsa dengan menggunakan FOSS/LINUX”. Acara ini nantinya akan digelar tanggal 1 September 2012. Rencananya akan memakai ABM (STIE Malang Kucecwara) sebagai tempatnya.

Acara ILC ini sendirinya nanti akan membahas seputar BlankOn, Implementasi Pemkot dan Pemkab dalam menggunakan Open Source. Juga mengundang IT dari perusahaan PT. Kapal Api yang sudah mengimplementasikan software di perusahaan tersebut untuk menggunakan open source. Juga presentasi dari pihak ABM yang mana juga sudah menggunakan FOSS di dunia pendidikan.

Di samping itu juga ILC 2012 ini juga akan ada lomba desain, bertemakan “Gerakang Indonesia Go Open Source”. Desain ini adalah desain poster, peserta tak terbatas, biaya per poster Rp. 10.000,-. Dan dibatasi hanya 2 karya yang boleh dikirim.

Dan kegiatan ketiga adalah salah satu hal kenapa saya diundang di Linux Camp 2012 ini, yaitu lomba blogging. Temanya masih dibicarakan, dan sudah pasti nanti juga berkaitan dengan Liputan ILC 2012. Deadline sebelum dan setelah acara. Dari yang bisa saya tangkap maka akan ada dua kali lomba blognya yaitu sebelum dan sesudah acara. Peserta maksimal 100, bisa lebih, free dan semua persyaratan lomba blognya akan diatur kemudian. Bisa jadi nanti bloggerngalam akan menjadi juri, hal ini masih dibicarakan lagi lebih lanjut.

Kegiatan lainnya adalah Hardening Server, yaitu semacam hack ke sebuah server. Kegiatan ini bersifat prevent terhadap serangan-serangan dari luar terhadap sebuah server. Membahas tentang masalah sekuriti. Aara ini akan diselenggarakan tgl 8-9 September 2012. Kegiatan ini nantinya akan bekerja sama dengan McCrew (Malang Cyber Crew). Para peserta tergabung dalam tim yang mana awalnya 10 orang kemudian diminimalkan menjadi 3 orang setelah ada dengar pendapat.

Kegiatan besar terakhir yang ikut dimusyawarahkan dalam ILC 2012 ini adalah KPLI meeting. Yang rencananya akan digelar 14-16 September 2012. Kerjasama dengan YAP, target peserta 150 orang, materi pembahasan ILC terdahulu, evaluasi, rencana ILC ke depan dan ada outbondnya. Namun ternyata diskusi masalah KPLI ini masih alot sampai berakhir sesinya. Ada yang mengusulkan berbentuk camp, ada yang tidak perlu, cukup satu hari tapi padat.

Workshop Hacking

Workshop Hacking

Workshop Hacking

Acara berikutnya adalah workshop hacking. Kali ini Malang Cyber Crew showoff tentang masalah sekuriti. Dalam acara ini dibahas tentang mengingat kembali definisi hacking itu sendiri. Sebab sebagaimana yang kita tahu banyak di media massa hacking sendiri dianggap sebagai tokoh antagonis, padahal arti sebenarnya tidak demikian. Hacker sendiri ada berbagai tingkatan, ada lamer, script kiddie, developed kiddie, semi elite, dan elite. Tidak semua hacker bisa dikategorikan sebagai elite. Bisa jadi ia baru mempunyai sebuah program untuk brute force semacam, tapi ia tak punya pengetahuan apapun tentang masalah-masalah jaringan. Maka yang seperti ini disebut lamer.

Kemudian McCrew menjelaskan bahwa hacking itu dipelajari untuk prevent terhadap masalah sekuriti. Sebuah server bisa kuat lantaran yang memegang server tersebut memahami bagaimana prevent terhadap hacking itu sendiri. McCrew juga melakukan show off merekam aktivitas yang dilakukan di komputer seseorang, untuk kemudian dilihat oleh si penyerang tersebut. Sehingga kita bisa tahu apa saja yang dilakukan oleh si korban. Ingat merekam dalam arti file tersebut berbentuk video, yang disimpan dalam sebuah file berekstensi .ogv.

Pembahasan terakhir yang lumayan menarik adalah recovery data yang sudah hilang di dalam flash disk. Misalnya kita punya sebuah media penyimpanan hard disk ataupun flash disk, pada dasarnya kita bisa mengembalikan lagi data-data tersebut walaupun sudah tidak ada lagi di dalam flash disk ataupu hard disk tersebut. Sekalipun sudah diformat berulang-ulang. Hal ini juga telah disampaikan oleh Ruby Alamsyah yang mana beliau sendiri sudah mempraktekan ilmu ini. Dan sering dipanggil oleh pihak-pihak terkait untuk mengembalikan data-data yang hilang.

Setelah acara ini berakhir, saya benar-benar ngantuk. Walaupun diajak ikutan bakar-bakar jagung, saya ikut cuma sebentar. Sowan ke om Deche untuk beranjak dulu ke pulau kapuk. Dan saya bangun tepat subuh, dengan kondisi badan menggigil karena dinginnya udara di P-WEC ini.

bakar jagung

bakar jagung

bakar jagung

bakar jagung

ramah tamah sampe larut malam

ramah tamah sampe larut malam

Bersambung ke part-2.

Share

Author:

Seorang yang berjuang di negeri rantau (padahal cuman nyebrang gunung doank), yang sekarang belajar, berjuang, bekerja dan menegakkan kebenaran dan keadilan.

website: http://www.abuaisyah.com/

Comments are closed

Switch to our mobile site