Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Menjadi Pemateri dan Juri

04.16.2012 · Posted in Komunitas, Pendidikan

Salah satu hal yang tak bisa aku perkirakan sebelumnya adalah menjadi juri. Walaupun mungkin menjadi pemateri sebuah seminar aku pernah melakukannya. Namun yang menjadi persoalan adalah bagaimana kalau aku jadi juri. Menjadi juri bukanlah hal mudah, selain harus benar-benar melihat orang yang dinilai juga harus mengetahui poin-poin yang bisa diambil dari penilaian mereka. Saya sendiri yang telah berpengalaman menjadi web Developer selama kurang lebih 8 tahun ini pun rasanya juga kurang atau belum pantas dianggap sebagai juri. Tapi itulah yang terjadi di IT CAMP 2012 yang diadakan di P-WEC.

Saya awalnya dikontak oleh Arief Bayu apakah berminat menjadi juri (awalnya). Aku langsung mengatakan iya dan setuju. P-WEC atau Putungsewu Wildlife Education Centre sudah saya jelaskan seperti apa di report saya tentang Linux Camp 2012 kemarin, di sini dan di sini. Kegiatan IT Camp 2012 ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Tehnik Informatika Universitas Brawijaya Malang. Dan para pesertanya berasal dari SMA-SMA yang ada di seluruh Jawa Timur, namun saya lihat hanya beberapa saja yang berasal dari luar Malang. Kegiatannya antara lain seputar pengetahuan tentang pembuatan website, kemudian tentang bagaimana caranya menjadi web developer, lalu cara menggunakan Macromedia Flash.

Para pesertanya yang terdiri dari pelajar SMA sangat antusias. Awalnya saya kira saya hanya menjadi juri, namun oleh panitia kemudian ditanya apakah bisa juga mengisi menjadi pemateri. Kemudian mereka memberikan kesempatan kepada saya untuk menjadi pemateri menjelaskan tentang CMS Joomla. Why Joomla? Don’t ask me. Saya sudah tidak memakai CMS ini sejak terakhir kali kuliah. Saat itu baru saja kenal Joomla versi 1.0 yang mana core-nya sendiri dikembangkan dari CMS Mambo. Yang kemudian saya meninggalkannya karena alasan issue security yang sedemikian santernya terdengar. Bahkan di beberapa demo festival hacking selalu Joomla yang jadi sasaran. :D No offense. Baiklah saya akhirnya membuat presentasi yang seadanya untuk mengenalkan seperti apa Joomla dan sedikit demonstrasi. Ketika mengisi materi yang harusnya 2 jam jadi 1 jam tersebut saya juga isi dengan melempar pertanyaan, hal ini saya maksudkan agar terjadinya interaksi dan para peserta tidak mengantuk.

Berikutnya setelah ada ISHOMA pematerinya adalah Arief Bayu yang menjelaskan tentang bagaimana cara menjadi web Developer. Sebenarnya dia mau memberikan materinya dalam bentuk HTML 5, tapi terlalu lama akhirnya kembali ke Power Point. :D Dan setelah silentwind ini selesai mengisi materi ketika waktu sholat Ashar sudah tiba, pengisi selanjutnya adalah Cak Ikin yang terkenal lewat animasi Culoboyo-nya. Beliau mengisi untuk bagaimana cara membuat animasi dengan menggunakan Flash. Inti dari materinya sih bagaimana cara membuat banner di sebuah web site.

Surprise, Fajarembun dan Kika Syafi’ie datang ke P-WEC. Mereka tidak menjadi pemateri tapi ingin menjenguk. Seperti biasa setelah pengisian materi selesai, kami ngobrol ngalor ngidul sambil foto-foto. Hanya sampai sholat Isya’ saja mereka berada di P-WEC, saya kira malah Mas Kika ingin mengisi, ternyata tidak.

Malamnya ada acara bakar jagung dan pevorma dari masing-masing peserta yang telah dibagi menjadi kelompok-kelompok. Namun saya tidak ikut awalnya. Baru pukul 21.50 WIB saya keluar dan mencari-cari di mana ini orang-orang. Ternyata mereka ada di lapangan. Saya pun menikmati jagung bakar yang masih tersisa setengah karung (tapi tak mungkin saya habiskan sendiri). Dan pukul 23.00 WIb saya kembali ke kamar trus melanjutkan menulis buku sampai dua bab lalu tidur.

Baru besoknya saya menjadi juri. Sebenarnya konsep anak-anak SMA ini dalam membuat website sangat bagus. Dan boleh dibilang menarik. Mereka menginginkan website sekolah sesuai dengan ide mereka, sesuai dengan kreasi mereka. Karena mereka belum mendapatkan materi tentang interaksi manusia dan komputer, maka jangan heran kalau ada desain mereka yang ramai, bahkan mereka lebih suka menambahkan fitur “game” di situs akademik. Ya, ini sebenarnya membuat saya tertawa geli. Boleh-boleh saja sih menambahkan fitur game, dan kita juga tahu apa fungsi game, tapi lebih baik tidak terlalu menonjolkan. Ada juga peserta yang membuat test onlinya yang mana belum bisa menjawab pertanyaan saya bagaimana kalau siswa tersebut login tidak dengan usernya, lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Jawaban mereka, tentu saja “terpaksa” menjawab bisa diatasi dengan  webcam. Tentunya ini ribet, karena kalau dengan webcam, otomatis pengawas harus online saat itu juga, atau pun kalau tidak online maka ada streaming video yang merekam segala tindakan siswa dan itu hanya wajahnya saja yang kelihatan, tergantung bagaimana kamera tersebut dipasang. Well, untuk hal ini sangat banyak yang harus ditanyakan yang saya kira tidak mungkin pakai webcam. Karena namanya juga test online harusnya hal ini menjadi sebuah kasus menarik yang perlu dibahas, tapi sayang waktu yang diberikan hanya 3 menit.

Saya tak punya banyak waktu, jadi otomatis setelah menjadi juri dan memberikan nilai saya langsung pulang. Sebagai oleh-oleh, saya mendapatkan sertifikat yang diberi pigura oleh panitia. Sekali lagi terima kasih buat panitia. Sertifikat yang ada piguranya ini akan saya pajang di rumah. Biar ada kesan bahwa saya pernah jadi juri, walaupun mungkin banyak yang tidak puas terhadap nilai yang saya berikan. Memang benar sih saya agak pelit soal nilai, terlebih lagi apabila ada peserta yang presentasinya tidak melihat audience, mereka melihat layar dan kaku, tidak luwes. Saya juga memaklumi mereka karena masih SMA dan banyak terkena penyakit plegmatik. Semoga mereka akan jadi manusia hebat suatu saat nanti. Siapa tahu?

Sekian report saya dan maaf tidak ada screenshot.

Share

Author:

Seorang yang berjuang di negeri rantau (padahal cuman nyebrang gunung doank), yang sekarang belajar, berjuang, bekerja dan menegakkan kebenaran dan keadilan.

website: http://www.abuaisyah.com/

4 Responses to “Menjadi Pemateri dan Juri”

  1. Sukses buat juragan semuanya. Makin eksis dan kompak…

  2. salam sukses gan ..
    maaf y numpang lapak aja ..
    Di Jual blog murah ..

    Di jual 2 blog propesional dengan harga yang sangat murah .

    kedua blog yang di jual yaitu :

    1. bikinblogger.com ( bikin blogger )

    2. membuatblogkeren.com ( membuat blog keren )

    Kedua blog itu saya jual dengan harga Rp.600.000 ( bisa nego )

    Fasilitas blog :

    web hosting : 500 MB .

    Gratis Domain http://www.menghasilkanuang.com

    yang berminat silakan hubungi No hp : 081977923321

  3. Boleh juga tu ??

  4. Aamiin
    Semoga mereka cepat sembuh…
    :)

Switch to our mobile site