Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Desain Minimalis vs Desain Kompleks

02.13.2012 · Posted in blogging, Informasi, Opini

Terdapat berbagai gaya desain blog yang berpengaruh terhadap struktur blog anda. Layout dan penempatan dari blog anda adalah salah satu hal penting dari desain blog yang bagus dan menarik.

Terdapat berbagai macam metode yang orang – orang gunakan pada blog mereka, dan pada akhirnya hasil desain blog mereka dapat dikategorikan menjadi dua, desain blog yang minimal dan kompleks.

DESAIN MINIMALIS

Desain yang minimal seperti kedengarannya, simpel. Tidak terlalu banyak macam gaya pada desain seperti ini, dan desain ini fokus pada dua elemen desain, spasi putih dan tipografi . Mungkin desain minimalis terlihat jelek dan terkesan malas yang men-desainnya, tetapi sebenarnya desain minimal bisa terlihat cukup indah ;)

KELEBIHAN

  1. Fokus Pada Konten : Karena hanya ada sedikit elemen pada desain yang minimalis, hanya ada sedikit hal yang mengganggu. Secara umum, sebuah desain blog dengan desain yang minimalis membuat otak menjadi lebih fokus pada bagian konten, dan juga gambar yang indah serta style font atau tipografi blog tersebut.
  2. Simpel : Pada desain minimalis, anda jarang sekali melihat elemen desain yang berbeda. Kebanyakan terlihat sama, dan elemen yang menyaingin desain tersebut biasanya hanyalah teks. Itu dikarenakan desain blog atau web minimalis tidak diisi dengan bermacam – macam gambar, kotak warna warni, dan tidak terlihat kacau.
  3. Memiliki Desain yang Unik : Percaya atau tidak, desain minimalis sangatlah berbeda satu sama lain, hal ini dikarenakan desain minimalis bergantung pada tipografi. Terdapat beribu – ribu gaya tulisan atau tipografi yang bisa anda terapkan pada blog minimalis, jadi kemungkinannya cukup kecil apabila suatu desain minimalis sama dengan yang lainnya, tapi tentu saja jika tidak ada inovasi yang dilakukan maka akan ada banyak sekali desain minimalis yang memiliki tampilan yang hampir sama.
  4. Bisa dibuka dengan cepat : Desainer minimalis mungkin saja mereka pintar, hal ini dikarenakan sedikit sekali hiasan yang digunakan pada desain mereka. Sebuah desain minimalis tidak hanya terlihat simpel, tetapi juga ringan dari sisi kode desain tersebut. Jadi anda bisa membuka website berdesain minimalis dengan cepat

KEKURANGAN

  1. Lebih susah dibuat : Mungkin hal ini terdengar aneh, tetapi desain yang minimalis cukup susah dibuat. Sangatlah susah sebenarnya, dikarenakan hal tersebut memaksa anda untuk menggunakan hal sesedikit mungkin. Desain seperti ini memaksa anda untuk bekerja tanpa hal – hal yang kompleks dan anda desain anda harus simpel dan terlihat baik.
  2. Tidak cocok untuk blog model Majalah Online : Saya tidak akan merekomendasikan anda menggunakan desain minimalis untuk blog anda yang memiliki banyak konten. Jika anda berencana mengembangkan blog anda dan menambahkan banyak hal seperti jasa, halaman afiliasi, bahkan forum maka desain minimalis tidak mampu mengakomodasi itu semua. Ditambah, marketing yang baik bergantung pada desain yang kompleks. Dan hal tersebut tidak akan berhasil pada desain minimalis.

DESAIN KOMPLEKS

Desain yang kompleks adalah desain yang memiliki banyak sekali elemen desain, dan hal ini sangatlah jauh dari kata simpel dan minimalistik! lihat kelebihan dan kekurangannya dibawah ini.

KELEBIHAN

  1. Lebih mudah Dibuat : Meskipun tetap saja membutuhkan beberapa kreativitas dan pengalaman untuk membuat sebuah desain, namun desain yang kompleks pada umumnya lebih mudah daripada desain minimalis. Terdengar aneh juga kan? tapi menurut saya hal itu benar, membuat desain kompleks lebih mudah dalam mencari keseimbangannya. Dan tidak membutuhkan logika yang kompleks untuk menentukan style dari desain tersebut. Tetapi seperti bentuk desain lainnya, tetap dibutuhkan beberapa pemikiran kritis. Mungkin ada beberapa dari pembaca yang tidak setuju dengan opini saya, jadi jangan sungkan untuk mengungkapkannya disini.
  2. Mengandung banyak Informasi : Sangatlah mudah menambahkan banyak informasi pada desain seperti ini dikarenakan sifatnya yang mudah untuk dikembangkan. Dikarenakan hanya ada sedikit space kosong, maka terdapat banyak ruang untuk informasi lainnya. Ini membuatnya mudah untuk menambahkan widget pada sidebar, menambahkan banner, dan informasi dalam bentuk lainnya.
  3. Batas : Tidak seperti desain minimalis, terdapat banyak batas dari elemen yang berbeda. Contohnya, sebuah sidebar dan area konten akan sangat terlihat berbeda, dan bagian headerpada website tersebut akan terlihat kontras dari segi warna dll. Sangatlah mudah membedakan dua elemen berbeda dari satu dengan yang lainnya selama terdapat pattern yang berbeda pada desain model kompleks.

KEKURANGAN

  1. Konsentrasi Terpecah : Meskipun berbagai bagian dari blog anda dengan mudah dapat dipisahkan, namun masih terdapat banyak informasi lain yang bersaing satu sama lain dalam pandangan pembaca blog anda. Konten yang berdekatan dan elemen berbeda yang unjuk diri tiap masing – masingnya. Terkadang, pembaca anda mungkin akan lebih tertarik melihat sesuatu pada sidebar anda daripada bagian konten anda, dan tentu saja konten anda jauh lebih penting daripada sidebar anda bukan?
  2. Sangat lambat untuk Dibuka : Desain yang kompleks memiliki berbagai elemen yang berbeda, dan semakin banyak pada sebuah halaman, maka semakin lama dalam proses loading membukanya. Terdapat bermacam – macam hal yang mempengaruhi hal tersebut. Lebih banyak gambar, konten, script yang berbeda, kode CSS yang banyak, dll. Dan kebanyakan bukan merupakan masalah dari desain minimalis
  3. Terlihat Kacau : Karena terdapat berbagai macam hal berbeda pada desain yang kompleks, maka semakin banyak kekacauan yang terbentuk. ‘Kacau’ dalam hal ini merupakan penggunaan gambar, teks, tautan (link), kotak, dan hal lain yang berlebihan. Dan semua hal tersebut tidak ada pada desain minimalis

Jika anda memiliki argumen yang berbeda dengan saya, jangan takut berpendapat, mari kita diskusikan disini :)

Untuk informasi blog saya, saya juga membahas desain, wordpress dan SEO di ootofthebox :)

Share

Author:

Graha was 16 years old Coffee Holic, Geeks, Amateur Designer, Blogger, etc. If all described will be long Biographical info :)

website: http://ootofthebox.web.id

8 Responses to “Desain Minimalis vs Desain Kompleks”

  1. terima kasih mas, infonya menarik :)

  2. kalo personal blog bagusnya pake yang minimalis atau kompleks.. ?? nice post…

    • Kalau menurut saya mas, untuk blog personal, karena tujuan kita bukan berbagi informasi yang kesemuanya amat penting lebih baik kita menggunakan desain minimalis.

      - Lebih mengarah ke sentuhan personal daripada kompleks yang cenderung ke arah Majalah Online
      - Loading lebih cepat sehingga memudahkan pengunjung
      - Meringankan mata pengunjung sehingga tidak diberi informasi secara berlebihan, namun cukup informasi yang sekiranya terbaru dan dicari oleh pengunjung blog personal kita :)

  3. Saya termasuk suka yang minimalis, seperti http://www.mnmlist.com milik Leo Babauta. ;)

  4. kunjungi blog saya faizal9a22tiksmpn1.blogspot.com (SMK PGRI3 Malang)

  5. Punya saya ini termasuk minimalis apa komplek ya?? wih…

  6. infonya bagus… makasih ya infonya…

Switch to our mobile site