Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Bukan Hanya Curhat, Blog Wajib Informatif

01.10.2012 · Posted in blogging

MALANG, SURYA – Menulis blog itu tidak sekedar menulis dan posting foto, blog  juga harus berkualitas dan memberi makna dan pengetahuan bagi orang lain. Itulah yang terangkum dalam Obrolan Blogger Ngalam Mengenang Sejarah Memajukan Budaya yang digelar oleh Komunitas blogger Malang, Bloggerngalam, Sabtu (7/1).

Farid Gaban, blogger yang juga seorang jurnalis mengatakan, blog terkadang terlalu bersifat personal. Menurutnya, personal itu tidak apa-apa asalkan yang dibicarakan tentang masyarakat, alam, budaya, dan lainnya yang mampu membangkitkan inspirasi. “Spesifikasi topik juga bisa menentukan kualitas blog seseorang. Karena dengan fokus pada satu hal, tulisannya akan lebih tajam. Bahkan akan lebih bagus kalau dimasukan unsur jurnalistik,” imbuh Farid yang kemarin tampil sebagai pembicara.

Menurut Farid, seorang blogger juga harus sedikit belajar teknik penulisan jurnalistik sehingga tulisannya lebih kaya. Menambahkan satu atau dua orang narasumber, lanjut Farid, sudah bisa memenuhi sarat jurnalistik dalam tulisan blog meski belum maksimal.

Penambahan gambar pun, lanjut Farid, sangat diperlukan untuk mendukung dan menguatkan tulisan. “Jadi isinya bukan cuma ‘aku’, tapi ada sudut pandang lain. Dengan menambahkan narasumber, ini tentunya mengharuskan blogger berlatih teknik wawancara. Kalau sudah seperti ini dan terus dibuat seperti ini, tulisan itu akan kaya dan semakin berwarna,” tukasnya.

Fajar Rahman dari Bloggerngalam menambahkan, blogger juga bisa menjadi agen penyebaran pengetahuan. “Salah satunya dengan membuat tulisan mengenai sejarah dan budaya kota masing-masing blogger,” ucapnya.

Selain diskusi mengenai konten blog, termasuk bagaimana mencari atau mendapatkan uang dari menulis blog, acara yang digelar untuk memperingati hari jadi ke empat Bloggerngalam ini juga akan diramaikan dengan acara jelajah Kota Malang, Minggu (8/1) hari ini.

Blogger asal luar kota yang datang ke acara kemarin akan diajak mengunjungi tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah di Kota Malang. Mulai dari Bundaran Tugu Balai Kota, Alun-alun, kawasan Kayutangan hingga Museum Brawijaya (st16)

Liputan Harian Surya #oblongmerahmuda

sumber: Surya 8 Januari 2012

Share

4 Responses to “Bukan Hanya Curhat, Blog Wajib Informatif”

  1. eh ker, kemaren di bis, pulang ke Ponorogo pasca #oblongmerahmuda, ayas nemu koran surya yg isinya ini juga :D

  2. jadi smangat blogging…

Switch to our mobile site