Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Keep Blogging, or Not..

12.27.2011 · Posted in blogging

Tempo hari waktu saya meng-update status facebook tentang playlist yang sedang saya dengerin, Jensen memberikan tautan ke sebuah postingan lama di blognya. Isinya cuma screenshot playlist Winamp miliknya saat itu dengan sedikit deskripsi. Itu saja? Ya, itu saja.

Lalu saya tersadar. Dulu, sebelum jejaring sosial marak seperti sekarang, blog masih jadi media utama untuk berbagi di dunia maya. Sependek apapun isinya.

Iseng saya buka2 arsip tulisan saya antara 2007-2008 dan menemukan banyak juga postingan pendek seperti itu. Isinya kadang cuma sebuah foto dengan sedikit deskripsi atau cerita yang hanya satu-dua paragraf.

Sekarang saya lebih cenderung memilih untuk mempostingnya di jejaring sosial macam twitter dan facebook.

Sedang mendengarkan apa saat ini? Cukup tulis judul lagu dan penyanyinya ditambah dengan tagar #np, #nowplaying atau semacamnya. Baru saja menemukan objek foto yang menarik? Tinggal jepret menggunakan ponsel pintar dan dengan bantuan berbagai macam aplikasi dapat langsung diunggah ke twitter atau facebook.

Ide cerita dan curhatanpun nggak luput mampir di jejaring sosial sebelum akhirnya (kalau nggak lupa atau malas) nongol di blog.

Makin lama, jejaring sosial makin jadi alasan saya untuk nggak ngeblog. Ini membuat saya salut sama rekan2 blogger yang tetap aktif ngeblog tanpa terpengaruh kehadiran situs jejaring sosial. Mereka bahkan tetap bisa aktif di keduanya. Ngeblog sekaligus berjejaring sosial.

Anda salah satu blogger yang masih konsisten ngeblog? Bolehlah berbagi tips di kolom komentar :)

Share

3 Responses to “Keep Blogging, or Not..”

  1. kalo yang dalam desember 2011 ini nulis segitu banyak saja ngaku ndak konsisten ngeblog, opo yo pantes saya yang super jarang apdet ini komen? :D

  2. weblog = web + log = catatan di web, so sependek apapun catatan yang dibuat (walau satu ayat :P ) kalau diletakkan di dunia maya berarti kegiatan ngeblog telah dilakukan (tidak peduli diletakkan di manapun – twitter, fb, plurk, wordpress, blogspot). jadi jangan disimpulkan kalau yang hanya aktif update status di fb ataupun di twitter ataupun di jejaring sosial lainnya tidak melakukan aktifitas ngeblog … salah besar itu bung … he3x. kan jejaring sosial dikenal dengan istilah microblogging.
    kecuali kalau orang tsb hanya ndaftarkan akun kemudian tidak melakukan aktifitas menulis (minimal meninggalkan komentar) apapun hanya memantau tulisan2 saja maka bisa dikatakan kalau org tersebut tdk melakukan aktifitas blogging
    cwimie ;)

Switch to our mobile site