Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Liputan Malang Post: Bahas Ngeblog Aman, Puasa Nyaman

08.26.2011 · Posted in blogging

MALANG – Sembari menanti waktu berbuka puasa, Blogger Ngalam bekerja sama dengan Lintas.me (dulu situs Lintas Berita,red) menggelar event dengan tajuk #Oblong 2, Ngeblog Aman, Puasa Nyaman. Acara di Warung Kopi Medan  ini mengusung tema keamanan blog.

Untuk mendukung acara ini, Blogger Malang mendatangkan hacker sekaligus praktisi IT yang ahli di bidang keamanan, Dani Firmansyah serta seorang analis digital forensik dan peneliti kejahatan dunia maya, Sam Ardi. Dihadiri oleh puluhan anggota Blogger Ngalam dan pecinta blog, acara semakin menarik dengan diskusi hangat yang membahas keamanan untuk blog pribadi.

Dani Firmansyah menerangkan, saat ini keamanan blog kurang familier di kalangan pengguna blog yang notabene bukan praktisi IT profesional. Menurutnya, obrolan seperti ini berguna bagi para pecinta blog yang tak ingin situs pribadinya ”diobok-obok” hacker usil. ”Ya ini sifatnya sharing, minimal para blogger tahu pengetahuan dasar melindungi blognya dari peretas,” papar Dani kepada Familia Malang Post.
Dalam sharingnya, pemilik situs XnuXer ini memperkenalkan plug in – fitur tambahan yang bisa dipasang di web – BusyBox. Melalui plug in tersebut, blogger bisa memperkuat tingkat keamanan blog sehingga sulit untuk dimasuki hacker asing. Dani memilih fitur ini karena konfigurasinya yang sederhana dan mudah dimengerti.

Pria asal Dinoyo ini memberikan perumpamaan tentang hubungan blog dan plug in. ”Plug in itu seperti lauk, sementara blog itu seperti nasi,” jelas Dani. Pria yang lebih suka dianggap sebagai pengembang sistem keamanan web daripada disebut hacker berharap para Blogger Ngalam mampu mengamankan web dengan cara praktis.

Mendekati magrhib, acara semakin akrab dengan buka bersama sembari menerima perkenalan dari Lintas.me, situs sosial yang membuka kesempatan bagi para blogger untuk memperoleh profit dari lalu lintas pengunjung blog.

Koordinator panitia sekaligus Ketua Blogger Ngalam, Muhammad Fauzil Haqqi menerangkan, acara ini didukung sepenuhnya oleh Lintas.me yang berpusat di Jakarta. Menurut Haqqi, event ini adalah langkah awal untuk semakin menghidupkan blogger asal Malang. Karena itu, melalui acara ini, pemegang gelar sarjana Ilmu Komputer ini berharap para pecinta blogger tak ragu untuk membuat blog dan berbagi pengalaman di dunia maya. ”Kami terbuka untuk semua pecinta blog. Anggota kami pun bervariasi, dari SMP, SMA, Mahasiswa hingga profesional,” pungkas Haqqi.

sumber Malang Post, Kamis 25 Agustus 2011
http://www.malang-post.com/index.php?option=com_content&view=article&id=34977:bahas-ngeblog-aman-puasa-nyaman-&catid=46:tribunngalam&Itemid=71

Share
Tags:

2 Responses to “Liputan Malang Post: Bahas Ngeblog Aman, Puasa Nyaman”

  1. keren..
    dan sorry ndak isa datang waktu itu

  2. weh mantab iki kapan kapan melu yo

Switch to our mobile site