Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Soto Mangkok Cilik

04.04.2011 · Posted in Kuliner, Wisata

Dulu, waktu masih sering jadi ‘supir travel’ Malang-Jogja-Malang, saya suka banget berhenti di soto laler sepanjang jalan Surakarta. Porsinya pas untuk perut saya, kalau belum sarapan dari Jogja, belinya ya dua mangkok. Murah juga bandrolnya. Sekitar 3000an per mangkok. Sedangkan yang mentereng lagi adalah warung Soto Bangkong yang sama-sama mangkok imut tapi harga beda jauh. Atau Soto Kadipiro jelang masuk Jogja banyak bertebaran warungnya.

Biasanya soto-soto itu dilengkapi dengan ‘ubo rampe’ seperti sate usus, sate telor puyuh bacem, dan favorit saya, sate kerang. Dan duit itu pasti lebih banyak kesedot dengan tambahan ‘ubo rampe’ daripada ke jumlah mangkok sotonya.

Ada pengalaman buruk pas makan di warung soto laler, neng? ADA!

Karena soto laler berada di poros utama jalur Surakarta-Ngawi, tentu lawan-lawannya kendaraan berbadan besar. Dan karena nyaris kelewatan warungnya, dalam 5 detik saya kasih sign ke kiri, langsung masuk ke parkiran tanpa aba-aba. Sementara belakang saya bis lagi ngebut-ngebutnya. Ya ya, suara klakson membahana itu yang masih kebayang sampe sekarang.

Tapi, tapi sekarang tidak scary lagiiiii! Karena saya nemu ini nih, soto mangkok cilik di sekitaran tempat tinggal saya. Namanya Soto Kudus Cemara #3# yang letaknya di Jalan Danau Sentani, depan kantor Telkom Sawojajar.

Warung ini juga lengkap dengan ubo rampenya, sate telor puyuh dan sate kerang. YUMMY!!! Saya ini ga pernah ngelirik soto kalo keluar makan. Sumpah! Lebih karena teringat porsi soto-soto di Malang itu raksasa! Mangkoknya guedeeee, dan kebanyakan bersantan. Yang saya suka dan selalu dibikinkan mama saya adalah soto bening bersayur dan segar.

Tapi warung ini rekomended dari kakak saya yang suka soto. Jadi bolehlah dicoba. Enak! Per porsinya 4000 rupiah. Bersantan tapi tidak terlalu kental. Topping suwiran daging ayam dan telurnya tidak eneg. Dengan sate-sate 1500an per tusuknya. Mungkin beda dari Soto Ayam Yaya di Sulfat yang porsi besar dan kental.

Dan karena uda buka dari pagi, menu sarapan saya bisa ganti ini nih nanti.

foto close up, aslinya bener2 kecil lho itu mangkoknya! jangan salah ya jangan salah…

Tags: ,

Author:

Still a biker. Proud to be bontjenger. Part time blogger and yet a Social Media junker.

website: http://nengbiker.com

3 Responses to “Soto Mangkok Cilik”

  1. teman ada yang keren juga pasti butuh
    klik aja

    majulancargemilang.com

  2. seperti mie ayam pak doel dibelakang steak and shake, wajib dicoba…

    *ngiler*

  3. enak ndi soto babat?

Switch to our mobile site