Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Seberapa Penting Sosial Networking Buat Anda?

04.04.2011 · Posted in Opini, Umum

Saya masih ingat ketika diajak Talkshow di Radio Citra Pro3 oleh temen-temen bloggerngalam.com – saat itu awal tahun 2009. Topik talkshow saat itu adalah tentang mulai pesatnya pertumbuhan pengguna social networking, terutama Facebook.

Salah satu asalan temen-temen mengajak saya adalah saya dianggap paham tentang facebook, padahal jujur kacang ijo, saya baru buat akun FB ketika mau diadakann talkshow… huehehe.

Saat itu dengan pedenya saya bilang, kalo FB nggak akan mungkin menggusur popularitas Blog yang memang saat itu cukup booming. Cuman Pak Heru Puji, yang juga dosen komunikasi dan jadi narasumber di talkshow tersebut, mengatakan bahwa pesatnya pengguna FB terutama di Indonesia, tidak lain karena FB itu endonesia banget.Maskudnya gimana?

Begini, masih menurut beliau, orang Indonesia itu nggak suka yang ruwet dan butuh proses susah payah. Hal ini termasuk dalam hal memanfaatkan teknologi internet.

Kalo untuk buat blog, mungkin hanya sepersekian persen saja dari pengguna internet di Indonesia yang suka. Paling jelas alasannya adalah karena mereka males nulis yang panjang-panjang dan butuh pemikiran.

Nah cob a sekarang tengok FB, begitu anda membuka FB, hal pertama yang mencolok di FB adalah adanya Kolom yang disebelahnya ada tulsian “APA YANG ANDA PIKIRKAN!” sedernaha bukan?

Cukup tuliskan apa yang terlintas dipikaran anda, tidak usah panjang-panjang. Dan yang penting lagi nggak usah-serius-serius, maka pasti akan banyak mendapat komentar. Tetapi coba kalo anda tulis sesuatu yang serius atau bahkan buat tulisan / note di facebook, tanpa menandai (tag) teman anda.

Coba berapa orang yang akan berkomentar?

Kalo anda selebBlog, atau selebFB mungkin akan banyak yang komen. Tapi kalo tidak, ada sebiji saya yang komen itu sudah prestasi. Hehehe

Begitulah dengan kemudahan semacam itu dan didukung dengan banjirnya hape-hape dari cina yang harganya bisa dijangkau hamper semua lapisan masyaraka dengan dijejalkannya fitur2 yang disukai orang Indonesia kayak FB tadi, maka tidak heran kalo jumlah pemakai FB di Indonesia termasuk yang paling pesat pertumbuhannya.Bagaimana nasib blog sekarang?

Sungguh merana!

Meraka yang ngeblog adalah meraka yang memang punya nyali tinggi untuk tetap nulis atau mereka yang ngeblog tujuannya bukan semata-mata untuk nulis, tetapi untuk nyari duit, misalnya.

Tetapi syukurlah di FB masih ada fasilitas note/catatan, hal ini masih bisa mengobati mereka yang suka ngeblog dan membuat coret-coretan kata-kata. Dan lebih untung lagi kalo nulis diblog kita harus jalan-jalan dulu agar tulisan kita dijenguk orang, tapi dengan FB kita cukup men-tag temen-teman kita maka dijamin tulisan kita akan dibaca orang.Nah itulah manfaatnya blog bagi penyuka dunia tulis menulis. Yang lebih hebat lagi, dengan FB kita lebih mudah mencari orang-orang yang sama spesiesnya dengan kita.

Alhamdulillah dengan FB saya bisa kenal baik rajanya tukang kompor nulis pak EWA. Dengan bombardiran tulisannya di FB, akhirnya membuat saya harus menyerah untuk tidak membuat tulisan. Ya sudah akhirnya saya juga bikin tulisan sebagai balasan bombardiran tag yang beliau lemparkan ke saya.

Saya mikir, masak saya diserang dengan tulisan terus tanpa ada pemabalasan. Ya paling tidak kalo seminggu diserang 7 kali, ya saya harus membalas minimal sekali, dan Alhamdulillah saya bisa membalas lebih dari sekali dalam seminggu.

Nah itulah enaknya berFB-an. Dan dengan FB pula saya bisa kenal dengan orang-orang yang dulu Cuma saya baca bukunya atau tulisannya atau Cuma dengar namanya saja. Dan kerennya lagi, kalo kita aktif membranding diri kita dengan baik di FB ataupun di blog, maka kita akan ketemu orang-orang yang sealiran dan sejenis dengan kita. Contohnya yang saya alami beberapa hari lalu.

Saat itu saya membaca sebuah artikel di portal islam. Setelah say abaca eh ternyata yang nulis orang dari malang, ada emailnya pula maka saya coba telusuri di FB. Begitu ketemu saya pencet tombol ADD.

Nggak lama berselang saya sudah disapprove, bahkan ada tambahan pesan diinbox, saya balas dengan meninggalkan nomor hape saya.Esok harinya saya mendapat telpon dari nomor asing, tak lihat angka depannya dari luar negeri, setelah saya angkat eh ternya teman yang saya ADD kemarin.

TEman baru saya ini orang yang hebat, dia tinggal di Doha, Qatar di Negara teluk sana. Dia seorang trainer di bidang kesehatan dan suka melakukan traveling dan tulisan-tulsiannya banyak tersebar di media online. Cukup lama saya ditelpon hamper setengah jam dan ternyata dia senior satu almater dengan saya di SMP cuman memang beda beberapa tahun.

Beberapa hari kemudian, tepatnya tadi malam, saya mendapat berkali-kali dari nomor yang tak saya kenal, saya lihat nomor Indonesia, tapi beberapa kali telpon nomornya selalu ganti. Begitu berhasil saya angkat, ah ternyata teman baru saya yang di timteng itu. Kali ini beliau bertanya tentang aktivitas saya. Setelah ngobrol hampir satu jam akhirnya tahu kalo teman saya itu pakai sambuang VOIP (voice over internet protocol) dan yang paling membuat saya kaget dan tersanjung adalah saya diajak bekerja sama mendirikan sebuah lembaga pelatihan profesi yang mendidik para perawat agar bisa berbahasa inggris dan mempunyai mental attitude yang siap untuk bekerja… wah… sebuah tawaran luar biasa yang saya dapatkan dari teman yang baru saya kenal seminggu.

Tahu enggak alasan teman saya tadi kenapa menghubungi saya ?

Karena melihat profil saya di FB.

Wah ternyata profil FB penting Gan!

Padahal profil FB saya ya cumin gitu-gitu aja gak ada yang istimewa.

Nah itulah sekilas manfaat social networking bagi saya.Bagaimana dengan anda?

Share

Author: hmcahyo

website: http://hmc.web.id

5 Responses to “Seberapa Penting Sosial Networking Buat Anda?”

  1. saya masih ngeblog kok..

  2. tetap semangat ngeblog dan berbagi kebaikan di dunia maya.

  3. semakin apa adanya semakin asyik, kejujuran yg ditangkap…

  4. You got to push it?this essnetial info that is!

Switch to our mobile site