Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Nasionalisme Kondisional

12.15.2010 · Posted in blogging, Komunitas, Umum, Wisata

Nasionalisme di era merdeka atau lepasnya kita dari penjajahan seperti saat ini sepertinya hanya dimiliki TNI atau atlet olahraga saja ya. Orang umum atau sipil seperti kita ini nasionalismenya terkesan kondisional, tergantung situasi. Menurut saya haya ada dua hal yang membangkitkan rasa nasionalisme dari rakyat di Indonesia tercinta ini. Kalau nggak kasus Malaysia ya pas timnas sepak bola kita main. Tapi untuk membuktikan nasionalisme yang kita miliki nggak harus memanfaatkan situasi aja dong, apalagi seperti yang dilakukan oleh pak David Tobing. #ngikik

Pernahkah Anda merasakan betapa besarnya rasa cinta Anda kepada negara ini? Atau dengan kata lain, pernahkah Anda menangis terharu, bahagia, emosi keluar saat Anda menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya? Saya hanya sekali saja merasakan, atau boleh disebut dua kali deh. Yang pertama saya sempat menitikkan air mata saaat menyanyikan Indonesia Raya pas Piala Asia 2007 kemarin, untuk yang Piala AFF sekarang sih pengen tapi nggak kesampaian nonton (unsure) . Yang kedua, pas SMP kelas satu, saya menangis tersedu usai Sang Saka Merah Putih tepat berada di puncak tiang, usai Indonesia Raya didengungkan. Tepat saat itulah teman saya menarik celana biru saya (diplorotno). Saya menangis terharu karena malu, celana biru saya sampai pada sepatu, dan CD saya warna abu-abu dilihat orang se lapangan. Dem!

Semoga itu bisa menjadi bagian dari nasionalisme (ninja)

Dan Sabtu 11 Desember lalu, rasa nasionalisme saya agak sedikit tergugah, pas saya menginjakkan kaki di atas kapal layar kebanggaan negeri ini, Dewa Ruci.Kapal yang namanya udah besar dan selalu disambut dengan meriah saat ia berlabuh di luar negeri. Kapal buatan 1953, yang menjadi simbol kekuatan dan kearifan TNI AL Indonesia di mata dunia. Sebuah kapal yang hanya bisa saya liat sebelumnya di tipi-tipi.

Ada sedikit rasa bangga menaikinya, berdiri di atas deknya, memegang tali layarnya, dan memasuki setiap ruang di dalamnya. Bangga karena memegang langsung salah satu simbol kebanggaan Indonesia di mata dunia. Tetap bangga meski tidak sempat berlayar. Bangga menjadi blogger! Nah lho? Kok? Penjelasan ada di paragraf selanjutnya. *seduh kopi dulu*.

Di atas Dewa Ruci (Dicandid dengan sempurna oleh @Slametwidodo)

Yah saya bangga mejadi blogger, kalau bukan karena blogger tak mungkin kami bisa masuk ke tiap ruang Dewa Ruci itu. Jadi, kemarin itu saya dan beberapa teman mewakili Bloggerngalam dalam rangka ultah Tugupahlawan.com, komunitas blogger Surabaya. Dari beberapa tempat yang dikunjungi di hari pertama, kami diajak keliling ke beberapa tempat bersejarah mulai Museum Kesehatan, Planetarium AL, Museum Yos Sudarso, MONJAYA Koarmatim (Monumen Jalasveva Jayamahe Komando Armada Laut Timur) hingga House of Sampoerna. Nah pas ke Monumen Jalasveva tadi kami diijinkan mampir memasuki Dewa Ruci.

“Sempat ada kekhawatiran dari beberapa rekan-rekan saya staf intel mengenai blogger, yang kadang terlalu kritis dan postingannya sering menyudutkan, terlebih ada kasus wikileaks dan indoleaks seperti sekarang ini. Tapi saya siap pasang badan untuk teman-teman blogger, karena saya tahu blogger tidak begitu. Dan bonus untuk Anda semua, karena kebetulan Dewa Ruci sudah datang di sini, kami mempersilahkan Anda semua memasukinya,” kata Kadispen Armatim, LetKol laut.Yayan Sugiyana dalam sambutannya, yang langsung disambut tepuk tangan meriah oleh kami. Beliau pun dengan senang hati dan sukarela menjadi guide kami.

Saya ndengerin sambutan Pak Yayan dengan seksama

Nasionalisme ternyata bisa tumbuh dan tergugah di mana saja, tidak hanya di lapangan sepak bola, medan perang, atau olimpiade olah raga. Semakin kita sering mencintai dan bangga dengan kerja keras para pendahulu kita, disadari atau tidak nasionalisme akan bangkit dengan sendirinya.

Terima kasih TPC karena kalian saya bikin postingan lagi (cozy)

Terima kasih Pak Yayan dan Armatim! (worship)

Foto bareng di atas Dewa Ruci, Jepretan Aziz Hadi yg sukses saya culik via tugupahlawan.com

Share

Author:

bukan SelebBlog, bukan SelebTweet apalagi Selebritis.. Yang penting Selebrasi!

website: http://frog.web.id/

Comments are closed

Switch to our mobile site