Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Membangun sebuah Blog

10.05.2010 · Posted in blogging

Sumber : http://birungu.files.wordpress.com/2010/06/blog-board.jpg

Dalam membangun sebuah blog tentu saja banyak yang perlu dipersiapkan, membuat sebuah blog layaknya membuat sebuah rumah, tentu kita harus memperhatikan apa saja yang dibutuhkan dan dibangun satu persatu, seperti membangun pondasi terlebih dahulu, dinding, pintu dll. Dalam posting ini mengingat udah lama nih ga posting di blog nya bloggerngalam, saya mencoba untuk menjelaskan apa saja yang dibutuhkan dalam membuat sebuah blog (dalam catatan sebuah blog pribadi, wordpress.org). Dan semoga saja sudah lumayan lengkap buat referensi :)

Hosting

Ya tentu saja sebelum kita membangun sebuah blog kita harus mempunyai hosting atau media penyimpanan data di internet, ibarat membangun rumah hosting itu letak tanahnya, kalo kita mau bangun rumah tapi enggak punya tanah gimana hayo ? :p Nah dalam hal hosting ini sangatlah perlu diperhatikan cari hosting yang benar – benar terpercaya, fitur yang lengkap, support yang siap siaga, dan uptime yang bagus. Kalo beli hosting yang jelek ya sama saja beli tanah yang ga strategis dan dipinggir jurang, kalo semisal longsor gimana ? :D namun tidak semua hal yang mahal itu bagus, coba seleksi mana yang punya fitur bagus tapi murah, sekarang sudah banyak kok hosting yang murah tapi berkualitas :p

Kalo beli hosting yang jelek ya sama saja beli tanah yang ga strategis dan dipinggir jurang, kalo semisal longsor gimana ?

Domain

Yap domain itu juga penting, karena domain merupakan identitas dasar dari blog anda, jadi usahakan cari domain yang mudah diingat, singkat, namun paling tidak sudah bisa mendeskripsikan tentang blog anda. Contoh catatandesain.co.cc anda pasti sudah tahu bahwa blog tersebut berisi tentang catatan – catatan desain. Jangan buat domain yang aneh – aneh, semisal anda bikin blog tentang desain tapi nama domainnya, sayasukatempe.com jauh kan :p *maaf permisalannya ngawur banget*

usahakan cari domain yang mudah diingat, singkat, namun paling tidak sudah bisa mendeskripsikan tentang blog anda.

Tema / Tampilan

Tampilan blog juga mewakili pencitraan / kredibilitas blog anda lho, cukup berguna buat bikin first impression orang – orang ke blog kita positif. Karena menurut pengalaman pribadi sih menurut saya sekali blog itu tampilannya jelek, kesan saya sih ‘ah orang ini pasti ga serius’ jadi maukah anda disebut seperti itu :) meskipun Konten adalah Raja yang tak terbantahkan, apakah Raja tanpa mahkotanya tetap dianggap raja :)

meskipun Konten adalah Raja yang tak terbantahkan, apakah Raja tanpa mahkotanya tetap dianggap raja :)

Konten / Isi

Ya, seperti pernyataan saya diatas, Konten adalah Raja yang tak terbantahkan, dasar dari sebuah blog tentu saja adalah sebuah konten, blog tanpa konten bagaikan rumah tanpa isi, apakah pantas dianggap rumah. Tentu saja konten yang anda buat mestinya (mengingat banyak blog gado – gado) memiliki niche khusus dan topik yang tidak terlalu luas, supaya orang mengingatnya dan tetap mengunjungi blog anda dengan tujuan membaca apa yang anda tuliskan.

Konten adalah Raja yang tak terbantahkan, dasar dari sebuah blog tentu saja adalah sebuah konten, blog tanpa konten bagaikan rumah tanpa isi, apakah pantas dianggap rumah.

Membangun sebuah Komunitas

Ya, sebuah komunitas, tentu saja yang saya maksudkan bukanlah sebuah komunitas seperti blogger ngalam ini namun sebuah komunitas pembaca anda, blog teman – teman anda dll. Sering – seringlah menghargai blog orang lain dengan mengunjunginya dan meninggalkan sebuah komentar, biarkan pemilik blog tersebut atau pembaca blog tersebut tahu tentang anda dan blog anda. Apa gunanya sebuah blog tanpa pengunjung :)

Sering – seringlah menghargai blog orang lain dengan mengunjunginya dan meninggalkan sebuah komentar

Social Media (sunah ^^ )

Ya mungkin bila anda ingin populer sih anda bisa mempromosikan blog anda melalui situs jejaring sosial punya anda seperti, Twitter, Facebook, 4square, Koprol! dll.

Yah mungkin sekian saja hal – hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah blog baru, bukan maksud saya untuk menggurui karena saya hanyalah blogger pemula, saya hanya mencoba untuk memberi tahu kan sesuatu kepada mereka yang belum tahu.

Kritik, Saran, Gugatan, Imbuhan ?

Bagaimana kalo anda juga ikutan melengkapinya melalui kotak komentar yang disediakan :)

Share

Author:

Graha was 16 years old Coffee Holic, Geeks, Amateur Designer, Blogger, etc. If all described will be long Biographical info :)

website: http://ootofthebox.web.id

18 Responses to “Membangun sebuah Blog”

  1. Ditunggu tambahanya dari para master blogger :)

  2. Apik apik apik..
    sip-sip-sip… opo maneh sing membangun sebuah komunitas!!!
    Sing iki-> “Konten adalah Raja yang tak terbantahkan”
    ditambahiae:
    Komen adalah Kangen tak terbantahkan
    Widget adalah Dewa tak terbantahkan
    pokoke grup band kabeh lebokno Hahaha
    Tapi terus terang saya salut ama kamu dik Graha!!!

  3. manteb…aseli manteb

  4. whiii… mengandung mbhois arek iki sak tulisane…. :D

  5. Tapi gak haris punya hosting sendiri kan ? kayak blog http://dianarikasari.blogspot.com/ gak pake hosting sendiri tapi keren :D

    ini artikelnya yahud…. sip sip :D
    ngalam mantapb :D

  6. wuiih..komposisi tulisan iki suanget suangar,muanteb..joss ker…asli mantab…

  7. wuih, generasi penerus iki mantebh emang! Lanjutkan bro

  8. Masalah sosial media itu beneran menunjang loh. Sy telah membuktikan. Sy nge-track klik postingan saya lewat bit.ly. Setiap ada postingan baru, saya masukkan ke bit.ly lalu URL baru sy promosikan di Facebook, Koprol, dan Twitter. Dan banyak pengunjung dari link itu. Terlihat dari jumlah klik URL tadi yang terekam bit.ly.

  9. Waaah komplit.. tapi tergantung tujuan blognya juga yak…
    kalo ane cuma tempat catetan pribadi.. narsis doang hahaha…

    • Inikan cuma buat yang serius bikin blog yang branded, ato bisa buat tujuan bisnis mbak :) kalo pribadi sih menurut saya “blog tentang gue, semau gue, terserah gue, ga penting lo baca ato ga” :D

  10. Mantab sekali, benar komen teman2 di atas, nampaknya mas graha ini sudah profesional di bidang pandeblogan…

    salam hangat.

    • Ah ada – ada aja Mbah Jiwo ini
      saya baru pemula kok

      I am just young, energetic, curious and coffee holic :D

      salam panas :p juga

Switch to our mobile site