Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Template Ramadhan yang Selalu Ada Setiap Tahun

08.20.2010 · Posted in Budaya, Opini

Setiap Ramadhan selalu ada yang namanya template Ramadhan. Yang mana fenomena ini ada di berbagai tempat. Mulai dari jalan raya, acara tv, kantor bahkan sampai masjid. Fenomena ini bisa dibilang baik, kalau terus berlangsung setelah Ramadhan dan tentunya yang terus berlangsung itu yang baik-baik saja. Yang jelek tidak perlu dilanjutkan. Template Ramadhan yang selalu ada dan pasti setiap tahun itu adalah:

  1. Masjid-masjid penuh di awal Ramadhan, kemudian ketika sudah sampai ke tengah lalu ke akhir tidak makin banyak, tapi makin maju shafnya.
  2. Banyak orang yang menjadi sok alim, mulai pakai sorban, mulai ramai-ramai berjilbab, baik dari kalangan orang awam sampai artis-artis ibu kota dan ironisnya setelah Ramadhan berlalu dilepas itu semua atributnya. Masya Allah.
  3. Banyak orang bersedekah padahal di hari-hari selain ramadhan tidak pernah sedekah. Dan parahnya ia hanya sedekah hanya di bulan Ramadhan
  4. Banyak para koruptor insyaf di bulan Ramadhan dan lucunya setelah ramadhan balik korupsi lagi.
  5. Jalan Sukarno-Hatta di Malang Raya jadi padat, macet tidak seperti bulan-bulan lainnya terutama mendekati buka puasa.
  6. Banyak warung-warung buka mulai siang hari tidak seperti biasanya buka dari pagi hingga malam.
  7. Banyak sweeping (dulu). Terutama oleh ormas-ormas seperti FPI dan yang lainnya.
  8. Banyak orang-orang yang berlomba-lomba menuju kebaikan di bulan ini. (ini yang baik)
  9. Masjid-masjid kalau siang hari banyak orang yang terkapar dan tidur di sana.
  10. Mal-mal dan pasar ramai menjelang lebaran.
  11. Banyak yang beli baju baru.
  12. Mulai ada Shitnetron Ramadhan, semua shitnetron episodenya bernama Ramadhan. Tapi tetep saja tidak mengubah ceritanya yang mana jujur itu harus perfect jujur dan tahulah kwalitas shitnetron Indonesia gimana.
  13. Di waktu sahur ada tontonan lawakan yang garing. Tidak diisi tausiyah atau apa kek, tapi malah di isi ketawa-ketawa ndak jelas.
  14. Menjelang maghrib pasti ada Qultum.
  15. Peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan, padahal Al Qur’an itu turun di Lailatul Qadar, bukankah Lailatul Qadar itu turun di 10 malam terakhir? Dan juga diriwayatkan di malam-malam ganjil? Trus tanggal 17 Ramadhan itu Al Qur’annya siapa yang turun?
  16. Di kampung-kampung biasanya ada kotekan sahur. Bahkan sebagian di lombakan.
  17. Petasan terdengar ketika sudah malam.
  18. Penjual kurma laris manis. Kurma bisa ditemukan kapanpun dan di manapun.
  19. Toko-toko, swalayan, operator telepon semuanya promo puasa dan lebaran.
  20. Orang yang berprofesi sebagai pengemis mendapatkan uang berlebih, bisa untuk lebaran.
  21. Menjelang lebaran travel-travel penuh booking.
  22. Anak-anak mulai pakai baju baru
  23. Pondok Ramadhan di sekolah-sekolah.

Dan buanyak yang lainnya :D

Share

Author:

Seorang yang berjuang di negeri rantau (padahal cuman nyebrang gunung doank), yang sekarang belajar, berjuang, bekerja dan menegakkan kebenaran dan keadilan.

website: http://www.abuaisyah.com/

5 Responses to “Template Ramadhan yang Selalu Ada Setiap Tahun”

  1. JIAHHHH….dari twitter di bawa dimari ! *pentung*

  2. bro ralat bro……17 ramadhan malam turunya alquran…sdngan lailatul qadr…malam yang “terbaik” dari malam seribu bulan … tidak ada hubungannya dengan turunnya alquran

  3. kiraon template apaan? he he he numpang promosi sekalian aja…template sayuran segar dan kebutuhan dapur…

    http://mlijofresh.wordpress.com/

    thanks, salam satu jiwa.

  4. marhaban ya ramadhan

  5. Kami selaku pemerhati masyarakat pakis merasa prihatin atas kejadian yang menimpa warga yang bernama mujib beserta keluarganya yang diserang sekelompok orang.seperti diberitakan di media masa tangal 2 september 2010 (koran memo arema) saya baca dan saya amati ternyata mujib saat itu masih terkapar di rumah sakit sumber santosa Kecamatan tumpang.Penganiayaan yang menimpa mujib menurut saksi mata yang tidak di munculkan dimedia ternyata beberapa atau mungkin semuanya adalah orang orang yang berada di dalam “yayasan alfatah” yang beralamat di RT 04 RW 03 Kecamatan pakis kabupaten malang.Beberapa warga yang berbincang katanya kejadian yang menimpa mujib warga pakis ini rumahnya berdampingan dengan Yayasan Alfatah tersebut berawal darimana tiba tiba Mujib dihajar banyak orang yang dikenali warga atau anggota yayasan Alfatah sekitar jam 8 malam tanggal 1 september lalu 2010.Warga yang mengetahui ramai ramai perkelaihan tersebut tidak berani mendekat karena penguhuni yayasan itu dikenal sering main hakim sendiri alias main “tawur”(dalam bahasa jawa).karena banayk warga yang tau jika para kelompok yang menhjar tersebut bukan hanya mengeroyok Mujib tapi juga istri dan beberapa anaknya membabi buta terlebih tampah anaknya yang masih kecil kepalanya juga ikut dipukul.
    Atas kejadian tersebut mohon perhatian pihak terkait lebih memperhatikan membantu karena masyarakat di areal yayasan Alfatah yang jadi sekaligus pondok pesantren dengan di huni beberapa santri tersebut tampak ditakuti karena peilaku yang sering main kasar (premanisme).Beberapa warga pakis yang usai melihat koran berita itu langsung ngrumpi dan tidak kaget karena menurut warga sekitar pimpinan pesantren/yayasan itu juga terbilang jagoan di wilayah pakis dan tidak ada yang berani.Warga sekitar juga mengatakan saat uasai penganiayaan kampung semakin tegang.
    Polisi,MUI,Depag atau jajaran terkait bisa mengkaji komunitas yayasan ini yang sama sekali tidak mencerminkan suasana puasa dan naasnya mereka dari kalangan komunitas keagamaan.
    Atas perhatian,pengawasan juga penyelidikan tindak lanjut dari info ini kami ucapkan terimakasih ini semua demirasa damai aman tentram di wilayah tersebut umumnya kawasan kabupaten malang.
    Info lanjut kecamatan pakis (Jl. Raya Pakis No.69 Pakis
    Telp. 0341-791548 )

Switch to our mobile site