Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Di Bulan Ramadhan, Setan Cuti Tahunan?

08.14.2010 · Posted in Budaya, Informasi, Opini, Pendidikan

Bagi manusia (yang berstatus sebagai pegawai, baik negeri maupun swasta, cuti adalah merupakan hak yang harus dipenuhi setiap tahun oleh para pemimpinnya.

Sementara bagi setan cuti adalah merupakan kewajiban yang harus dilakoninya, sebulan dalam setahun. Apa pasal? Sebagaimana dikatakan dalam Hadits Riwayat Tirmidzi, Ibnu Majah dan Al-Hakim yang sesuai dengan persyaratan Bukhari dan Muslim: Apabila bulan Ramadhan tiba, pintu-pintu sorga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup, setan-setan-pun dibelenggu…..

Setan, seperti yang diketahui dalam agama Islam, Kristen dan Yahudi, asalnya adalah salah satu golongan Malaikat. Menurut Islam, setan diciptakan dari api oleh Allah dan juga dikatakan berasal dari golongan Jin sebelum dipilih menjadi Malaikat.

Setan bersumpah di hadapan Tuhan, Nabi Adam dan para malaikat bahwa dia akan selalu membujuk, mempengaruhi dan mengkompori Adam dan seluruh keturunannya (yaitu golongan manusia) sampai hari Akhirat kelak, agar tidak beribadah kepada Allah SWT. Sebaliknya Allah SWT bersabda bahwa manusia yang mengikuti perintah-Nya dijamin tak akan bisa terpengaruh oleh segala tipu daya setan. Sementara bagi yang tak patuh kepada-Nya, kelak akan disiksa dan menjadi penghuni neraka jahanam.

Sebagaimana telah disinggung dalam hadits di atas, sepanjang tahun setan dan gerombolannya boleh saja dengan bebas mengganggu manusia. Namun begitu memasuki bulan Ramadhan, mau tidak mau, ia harus cuti.

Dengan cutinya para setan and crew, mestinya dunia ini bersih dari setan-setan. Mestinya dunia ini, paling tidak selama bulan Ramadhan, menjadi aman tentram. Tapi nyatanya?

Briyan Andika, 18, warga Jl Juwingan, Surabaya, ditemukan gantung diri dengan selendang di teras rumahnya, Jumat (13/8) sekitar pukul 02.30 WIB. Siswa SMK di kawasan Margorejo itu meninggal dunia saat dalam perjalanan menuju RS Dr Soetomo.

Belum diketahui pasti penyebab korban yang nekat gantung diri, “Kami masih periksa keluarganya untuk mengetahui motif dan apa penyebabnya hingga korban melakukan perbuatan itu,” terang Kanitreskrim Polsek Gubeng Iptu Samidi kemarin. (Siswa SMK Tewas Gantung Diri)

Warga Dusun Nanggalan, Desa Dukuhdimoro, Kecamatan Mojoagung, dihebohkan dengan ditemukannya Tin Yana, 55, yang tewas di rumahnya, Rabu (11/8) malam. Lebih-lebih kondisi tubuh korban mengenaskan, dengan luka menganga di leher akibat sayatan benda tajam.

Korban dipastikan tewas karena bunuh diri, dengan menyayat leher sendiri dengan cutter. Kepastian ini diperoleh setelah petugas Polsek Mojoagung datang ke lokasi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) malam itu juga. Petugas menemukan sebuah cutter di dekat mayat korban. (Nenek Gorok Leher Sendiri Hingga Tewas) dan masih banyak lagi kasus yang lain.

Kembali ke persoalan semula. Katanya setan cuti? Kenapa kejahatan masih juga terjadi? Apa betul setan cuti?

Kalau menurut saya, memang bahwa setan lagi cuti itu betul adanya. Lantas, kenapa kejahatan demi kejahatan masih juga terjadi, penjelasannya begini: Pada dasarnya manusia dilahirkan ke dunia adalah sebagai mahluk yang baik, berhati mulia, dsb. dsb. Namun, kalau selama hidup di dunia terlalu banyak menghamba kepada setan ketimbang beribadah kepada Allah, wajar kejadian-kejadian di atas tidak berkurang dengan cutinya setan. Karena sudah terbiasa mengikuti dan berlaku sesuai dengan maunya setan, maka dengan atau tanpa kehadiran setan sekalipun, kejahatan tidak otomatis akan berhenti.

Kesimpulannya: seperti yang sering dilantunkan (zaman dahulu) di pondok-pondok pesantren, yang lantas dibawa ke kota (dan dipopulerkan oleh Emha Ainun Najib, Opick juga) dan sering kita dengar, yaitu lagu Tombo Ati alias Obat Hati. dari kelima obat hati yang disarankan untuk menjadi laku sekalian umat Islam, ada satu yang pas agar kita bisa jauh dari godaan setan, yaitu: kata-kata kaping papat, wong kang sholeh kumpulono (yang keempat, berkumpullah dengan orang sholeh).

[tulisan ini (setelah diredaksi seperlunya) pernah saya tulis di sini, dan gambar ilustrasi saya comot dari situ]

Share

Author:

Ingin belajar banyak di blogsphere dengan ilmu yang masih amat sedikit tentang dunia per-blog-blog-an.

website: http://djunaedird.wordpress.com

2 Responses to “Di Bulan Ramadhan, Setan Cuti Tahunan?”

  1. Betul sekali sam, Setan sekarang lagi liburan .. tapi sudah menanamkan mindset kepada para manusia. So, meski ditinggal SETAN kejahatanpun masih tetep jalan .. he he he ..

  2. gajiannya kapan? wkwkwk

Switch to our mobile site