Komunitas Blogger Ngalam Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang Raya

Cilok

06.22.2010 · Posted in Kuliner

Alkisah jaman dahulu kala, ada seorang anak yang kepingin banget makan bakso tapi yang bentuknya kecil-kecil. Ukuran penting bagi dia karena kalo beli yang besar pasti cepat habis, sementara kalo ukuran kecil, bakso itu akan awet dimakan selama berjam-jam. Pedagang bakso yang mendengarnya langsung mengambil adonan dan terciptalah CILOK.

Kisah ini hanya rekaan semata….kesamaan nama dan tempat memang disengaja.

Setelah lama ngga ngerasain cilok SMA 8 depan MATOS yang legendaris, sore ini Fajar dengan baik hati membungkuskan satu untuk saya. Ada ribuan penjual cilok di kota Malang ini aku rasa, tapi cilok SMA 8 ini rasanya memang lebih ‘daging’ daripada cilok sejenis di daerah lain. Cilok SMA 8 juga eksis di ujung jembatan sukarno hatta selain ikut meramaikan di pasar tugu gajayana setiap hari minggu di depan pintu stadion gajayana.

Pertamanya sih cuman pengen tau apaan tuh yg dikerubutin orang-orang tiap hari di depan sekolah itu. Eh ternyata cilok! Jajanan ini lama sekali ngga pernah aku lihat sejak kecil. Di Madiun nama cilok ini adalah bakso kojek, pentol bakso kecil-kecil dengan bumbu kacang seperti pecel. Pindah ke Malang eh namanya jadi cilok aka  aci dicolok dengan saus tomat abal-abal, sambel dan kecap. Yang khas bandung namanya cimol kan ya?

Bahan dasarnya gampang, sedikit daging digiling bareng tepung kanji dan banyak tepung terigu. Beri garam, bawang yang banyak, dan penyedap rasa. Bentuk bulat-bulat di air panas mendidih. Siapkan bumbu saus, sambal, dan kecap. Jadi deh. Banyak yang bilang jajanan ini ga sehat, tapiiii nikmat!!!

Kerinduan akan jajan cilok ini melanda setelah setahun saya masuk pagi, karena penjualnya hanya jualan pagi hari tentu saja. Thanks to FajarMesum…kamu baik deh ^^

Author: nengbiker

website: http://nengbiker.com

11 Responses to “Cilok”

  1. Jangan di posting, nanti semua minta ke aku HAHAHA

  2. hwaa…belon ngrasain di depan Moklet, Neng? Wenak juga tuh..bersih pula tuh grobaknya :P

  3. duh saya jdi kpengen, laper soalnya

  4. wah sebelum baca liat gambarnya aja sudah kepingin tuh :D

  5. mastab sekali brow……..memang makan uenak,,,,,,,,,hehhhh

  6. Next time traktir orang seblogger malang hahahaha

  7. cilok,
    alangkah alot mu :D

  8. isi kebanyakan tepung

  9. pancen jajanan sekolah iku enak dan ngangeni

Leave a Reply

Switch to our mobile site