Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Hari ini Malang Tempo Doeloe

05.21.2010 · Posted in Budaya, Wisata

Tanggal 20 Mei adalah hari kebangkitan Nasional. Dan sekaligus juga kalau kita kembali ke tahun 1998 dulu, maka kita akan ingat peristiwa yang tidak akan pernah kita lupa sepanjang sejarah. Yaitu detik-detik saat orang nomor satu Indonesia selama 30 tahun yaitu Pak Soeharto lengser keprabon. Dan uniknya harinya bertepatan dengan Harkitnas. Dan hari ini di Jalan Ijen atau yang dikenal dengan Ijen Boulevard diadakan Malang Tempo Doeloe.

Even ini luar biasa besar, karena jalan Ijen akan dijadikan sebuah jalan yang penuh dengan kesenian. Kita bisa melihat berbagai kebudayaan Jawa Timur dan khususnya Malang. Mulai dari wayang kulit, sendra tari, campur sari, Reog, dan masih banyak yang lainnya. Malang memang dikenal sebagai kota dengan segudang sejarah masa lalu. Di Malang juga ada sebuah Museum yang dikenal dengan Museum Brawijaya. Saya dulu ketika SMP pernah mengunjungi museum ini dan sekarang tampaknya tidak ada perubahan. Pertama kali kita masuk kita sudah disuguhi Senjata Mesin dan Tank yang sudah tidak berfungsi lagi. Di dalam juga kita bisa melihat sejarah tentang pahlawan-pahlawan di Indonesia.

Malang Tempo Doeloe (MTD) ini akan terselenggara dari tanggal 20 sampai 22 Mei Insya Allah. Saran saya jangan sampai ke sana pada malam hari, karena akan sangat penuh sesak dengan orang-orang, bahkan saya dulu pernah mengalami hanya berputar-putar saja sepertinya orang-orang itu. Dan tepatnya tanggal 19 Mei 2010 kemarin, jalan Ijen sudah ditutup total, ketika saya lewat untuk menyervice-kan laptop saya ke Dieng kemarin masih belum ditutup, tapi ternyata sore harinya sudah ditutup. Saya rencananya bersama teman-teman bakal ke sana hari sabtu besok Insya Allah, karena istri dan anak sudah bosan berada di rumah dan jenuh dengan keseharian yang itu-itu saja. Dan juga tentunya aku juga yang sangat jenuh dengan pekerjaan sehari-hari.

Salah seorang temanku pun ingin ke Malang setelah aku ceritakan bagaimana keadaan jalan Ijen saat ini. Karena ia mengeluh stress berat dengan pekerjaan yang selalu dikejar deadline. Memang even ini bisa membuat kita refresh sejenak dari ketegangan urat saraf dengan pekerjaan kantor.

Yang paling aku senang adalah kesenian tradisional yang tersebar di even ini. Saya masih penasaran dengan kesenian topeng. Dulu sempat melihat sekilas sih 2 tahun lalu, sebab tahun kemarin saya sama sekali tidak punya jadwal untuk jalan-jalan. Tahun ini Insya Allah saya bisa menyempatkan diri ke sana, sambil stand by untuk Digichuby-ku. Tapi mungkin nanti untuk report foto-2-nya agak lama, secara Archangel masih di rumah sakit. Semoga dia cepat sembuh dan mampu men-support diriku di mana pun.

OK, jadi apakah anda mau join saya di MTD? Saya tunggu di sana.

Share

Author:

Seorang yang berjuang di negeri rantau (padahal cuman nyebrang gunung doank), yang sekarang belajar, berjuang, bekerja dan menegakkan kebenaran dan keadilan.

website: http://www.abuaisyah.com/

One Response to “Hari ini Malang Tempo Doeloe”

  1. Maunya tadi sore ke MTD, tapi….. kayaknya pas Malam minggu kota Malang sesek bageddd. Penasaran juga sih, apa yah yang spesial di sana dari pada taun sebelumnya. Pastinya Minggu besok tak sempatin deh, mumpung lagi liburan di kota tercinta

Switch to our mobile site