Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Kios Buku Sriwijaya Malang

04.26.2010 · Posted in blogging, Informasi, Pendidikan

Bagi sebagian besar warga Malang raya, kios buku Wilis sudah tak asing lagi. Kios buku yang dahulu terletak di kawasan splendid ini (dahulu dikenal sebagai blok M) merupakan sentra buku-buku bagi pelajar dan umum. Tapi siapa sangka selain Wilis, terdapat pula kios buku baik second maupun baru yang terletak di Velodrom kota Malang. Dahulu sebelum penggeseran lahan oleh pemkot kota Malang, kios buku ini terletak di depan stasiun kota Baru Malang (di depan kantor Malang Post). Penulis sendiri memang telah mengetahui sejak lama akan kios buku Sriwijaya ini, tetapi baru dapat memberitakan kepada anda sekalian saat ini. Bermula dari pencarian penulis akan buku yang membahas perihal pidana pers, terbesitlah pikiran untuk menyambangi kios buku ini.

Kios buku yang banyak menjual buku-buku kuno ini buka mulai jam 10.00 WIB hingga sekitar jam 17.00 WIB. Menurut beberapa penjual di sana, kios buku sekarang lebih tertata dan mengalami perluasan daripada ketika di kawasan stasiun dahulu, ditandai dengan lahan berupa bedak yang lebih tertata rapi daripada ketika di tempat sebelumnya. Tetapi untuk urusan penjualan, agak sedikit mengalami penurunan karena letaknya yang tidak sestrategis dahulu. Menurut Ipul misalnya, dahulu in come atas penjualan buku setiap hari ada saja, karena banyak pengunjung yang iseng-iseng melihat-lihat dan akhirnya tertarik untuk membeli ketika akan ke stasiun ataupun menunggu mikrolet, tetapi saat ini agak menurun dikarenakan posisinya yang terletak di Velodrom yang jarang sekali dilalui oleh masyarakat.

kios

Kios buku Sriwijaya

kios

Kios buku Sriwijaya

Hal senada juga diungkapkan oleh Tom, penjual buku sejak di stasiun dahulu, menurutnya penjualan buku terkadang bisa banyak ketika menjelang pergantian tahun ajaran, itu untuk buku pelajaran, untuk buku umum sekarang masih sepi peminat. Buku-buku yang dijual disini kebanyakan adalah buku-buku cetakan lama yang tidak diterbitkan lagi. Banyak buku-buku berbahasa Belanda, Inggris, Jerman dan Yunani terbitan di bawah tahun 1950 yang penulis temui disetiap bedak. Beberapa buku langka juga sempat penulis temui di bedak ini, diantaranya Tuanku Rao, The Satanic Verses, ataupun buku karya-karya Pramudya Ananta Toer terbitan Hasta Mitra.

Buku-buku untuk pelajar dan mahasiswa dibandrol rata-rata seharga Rp 15.000,00 walaupun terkadang tergantung bahan buku dan isi buku tentang jenis yang bagaimana, untuk majalah di bandrol rata-rata seharga Rp 500 s.d. 1000 untuk used to.

kios buku

Macam-macam jenis buku dan majalah

kios

Macam-macam buku asing

macam-macam buku

Macam-macam buku

kios

Salah satu bedak Sriwijaya

buku kuno

Buku kuno berbahasa Jawa yang ditunjukan pada penulis

Nah….dengan demikian lengkap referensi kita untuk berbelanja buku selain di Gramedia, Toga Mas dan Paling Lengkap bukan? Selamat berbelanja buku :)

Share

Author:

Digital forensic analyst, cybercrime researcher, dan blogger. Penyuka buku yang berkaitan dengan hukum, komputer forensik, dan sejarah. Dapat dihubungi di sam@bloggerngalam.com

website: http://samardi.wordpress.com

2 Responses to “Kios Buku Sriwijaya Malang”

  1. gramed basar malang sing njogo ono sing ayu, nang sriwijaya ono sing ayu rak??

  2. menjelajah buku – buku bagus…..

Switch to our mobile site