Komunitas Blogger Ngalam Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang Raya

UklamUklam, Pemandian Air Panas Cangar

04.12.2010 · Posted in Wisata

Taman Hutan Raya R. Soeryo

Perjalanan dari Kota Malang menuju Kota Batu tidaklah terlalu menantang. Jarak ± 20 KM bisa ditempuh dengan waktu 30 menitan. Namun, bukan daerah kota yang jadi target penjelajahan kita beberapa waktu lalu. Dari Kota Batu, perjalanan lanjut “naik” menuju lereng Gunung Arjuna. Cangar, begitulah lokasi ini dikenal.

Apa yang istimewa di daerah ini? Sebagaimana yang sudah muncul pada judul, pemandian air panas lah yang menjadi incaran kita. Yup, sebuah taman wisata yang lokasinya cukup terpencil, namun sangat ramai dikunjungi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Berada di kawasan hutan lindung “Taman Hutan Raya R. Soeryo”, pemandian ini memiliki daya tarik yang cukup besar. Tidak hanya pemandian air panasnya. Di sini terdapat beberapa objek refreshing yang menarik. Di samping itu pula, panorama keindahan alam juga akan memanjakan mata kita di sepanjang perjalanan.

jogging trackUntuk sampai ke Taman Hutan Raya R. Soeryo, harus menempuh jarak ± 20 KM dari pusat Kota Batu. Jalan terjal menanjak menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi yang berkendara dengan motor/ mobil tua. Tidak ada angkutan umum yang melayani hingga lokasi ini. Kalaupun ada angkutan dari Terminal Batu, hanya sampai Desa Sumber Brantas (masih ± 5 KM lagi). Mungkin kalo di-loby, sopir akan mau mengantarkan.

Penjelajahan Seru

mulut gua jepangJika kita masuk dari pintu masuk utama Taman Hutan Raya R. Soeryo, sebelum sampai pada lokasi pemandian kita akan menemukan sebuah jalan “jogging track”. Panjangnya sekitar 1,2 KM dengan medan yang lumayan menantang. Kita pun mencoba melaluinya, setelah beberapa kali ke sana tidak mencoba menikmati “rute” ini.

Luar biasa. Menarik memang, apa yang kita dapatkan selama perjalanan. Panorama alam yang sungguh bisa menunjukkan ke-Maha Kuasa-nya Sang Pencipta. Ya, di samping untuk keakraban kita. Perjalanan selama 1 jam lebih itu berakhir di mulut Gua Jepang (begitu biasanya disebut).

Mandi Air Panas

Capek setelah jalan kaki, dengan medan cukup melelahkan, akhirnya kita memutuskan untuk “membasahi” diri dengan kehangatan air, tentunya setelah beberapa saat memeras keringat. Kolam utama (paling besar), menjadi sasaran kita untuk yang pertama. Di lokasi ini terdapat 3 kolam dengan tingkat “panas” air yang berbeda. Kolam utama yang terbagi 2 kedalaman (untuk dewasa dan anak-anak) mempunyai tingkat panas yang paling rendah. Kolam “sedang”, tingkat panasnya tidak terlalu tinggi. Pada kolam ini, ada bagian khusus untuk perempuan. Sedangkan pada bagian sumber, tingkat panasnya luar biasa. Biasanya, untuk masuk ke kolam ini, pengunjung terlebih dahulu melakukan “pemanasan” pada kolam “sedang”. Aroma belerang terasa sangat menyengat di kolam sumber.

pemandian air panas cangar

Tak terasa sudah 4 jam lebih kita berada di lokasi pemandian air panas Cangar. Matahari seperti sudah berada di atas kepala, walaupun tak terasa panas. Langkah selanjutnya, balik menuju tempat parkir dan pulang. Namun karena perut keroncongan karena belum sarapan, sejenak kita berhenti membeli dan menyantap pisang goreng dan beberapa jenis makanan “gorengan”. Tak lupa pula untuk narsis :D (walaupun sedari tadi sudah pada pamer muka)

taman hutan R. Soeryo

Taman Hutan Raya R. Soeryo dan Pemandian Air Panas Cangar. Sebuah objek wisata “sederhana” yang patut Anda coba. Menyenangkan dan cukup menantang.

Copas dari: UklamUklam.com Pemandian Air Panas Cangar

Author: MQ Hidayat

Seorang newbie blogger, 25 tahun. Masih berstatus mahasiswa di salah satu PTN di Kota Malang. Menyukai dunia blogging sejak ada Blogger Ngalam dan Ayo Ngeblog, sampai akhirnya ikut dalam kopdar perdana Blogger UB dan Blogger Mojokerto.

website: http://mq-hi.da.yat.web.id

5 Responses to “UklamUklam, Pemandian Air Panas Cangar”

  1. waah, dah lama gak kesana. ada perubahan apa saja ya sekarang. jadi pengen tau :p

  2. saiki mbayar mlebune orip sam?

    ewus lop kie ora mrono…

  3. sekarang udah tertata rapi, gak kayak dulu waktu pas aku masih SD, g ada kolamnya, masih kolam alami, yang sekarng udah berbentuk pemandian

    tapi gak enak kalo datang pas holiday, kolamnya kayak DAWET!

    *yang gak suka datang ke tempat wisata yang rame pol, jadi ga bisa menikmati suasana*

  4. 2 orng dlm 1 motor cokop mbayar mangewu.
    kalo g pngen kyk dawet, ksana pagi2 dunk.

  5. tiga bulan lalu ke cangar, jam limo sore wis di ubyak ubyak kon mentas

Switch to our mobile site