Komunitas Blogger Ngalam Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang Raya

Malang, Tuan Rumah Earth Hour 2011

04.10.2010 · Posted in Komunitas, Umum

WWF [world wildlife fund], Kamis 8 April 2010 sambang ke Malang.

Mereka datang untuk menjajaki atau mengeksplor kegiatan EH [earth hour],-gerakan hemat energi dan pencegahan perubahan iklim, dengan memadamkan lampu selama satu jam-, di daerah-daerah [diluar Jakarta].

Roadshow rencananya dilakukan di beberapa kota. Start pertama kawan kawan WWF di Denpasar, Surabaya dan kemudian Malang. Selanjutnya mereka beralih ke Jogjakarta dan entah mau kemana lagi.

Forum di Santika memang tidak terlalu ramai. Yang datang hanya segelintir orang, ada kawan kawan dari CS, dan beberapa orang yang datang secara pribadi. Acara diisi dengan diskusi yang tidak formal, berjalan santai.

Intinya, rekan WWF menanyakan bagaimana EH 2010 di Malang. Hampir semua orang menjawab EH tidak ada gema nya di Malang. Nyaris tidak ada kegiatan apapun untuk menandai EH.
Ini jelas berbeda dengan Jakarta, yang sudah menjadi tuan rumah EH sebanyak dua kali, atau Jogjakarta yang tahun ini mengelar aksi pemadaman listrik di daerah tertentu selama 1 jam.

Inti kedua, rekan WWF ingin atau berencana kegiatan EH 2011 di Indonesia lebih menyebar, tidak hanya Jakarta.
“Kami ingin kampanye ini juga berjalan di daerah. Malang sebagai kota besar harusnya bisa ikut menandakan adanya EH,” kata Ravena, salah satu kepala suku WWF untuk urusan EH.

Singkat kata, WWF ingin mencoba atau mengupayakan EH 2011 tidak hanya di Jakarta, tapi juga di Jatim. Target utama adalah memadamkan lampu jembatan Suramadu pada event EH tahun depan.

Sedangkan di Malang, EH sepertinya akan di fokuskan pada pemadaman gedung Balaikota dan lampu momumen Tugu, yang notabene bisa disebut landmark Kota Malang.

Untuk menwujudkan EH 2011 di Malang, rekan rekan WWF minta dukungan semua pihak, komunitas, blogger, pemerintah kota, kampus, sekolah, pak polisi dan lainnya.

Dari pertemuan kemarin, diharapkan, orang orang yang hadir bisa menyampaikan gagasan ini ke orang-orang didekat mereka. Kalo anak blog ya ke komunitas blog dan sebagainya.
Ketika gagasan tentang EH dan segala hal terkait lingkungan dan penghematan energi bisa ramai di kelompok-kelompok, maka gagasan ini bisa menjadi besar dan akhirnya diikuti oleh semua orang di Malang.

Teman WWF kemarin juga berharap bloggerngalam ikut mem push ide atau gagasan EH di blog atau lewat media lain atau lewat jalur komunikasi verbal lainnya, agar wacana EH lebih dikenal.

Tags: , ,

Author: wahyu

wong sing lagi belajar dadi menungso sejati

website: http://wahyunurdiyanto.com

4 Responses to “Malang, Tuan Rumah Earth Hour 2011”

  1. to author: websitenya EHIndonesia ada nggak, masak cuma di twitter saja, kurang jelas kemaren infonya, mau dateng juga bingung masihan

  2. iyo kok, nang twiter cen ga jelas, kuwi sing ada nomor telepune tak hubungi yo meneng ae. kemarin iseng ae mrono. tak kiro kabeh do ngumpul. jebule sitik

  3. kalo misale pengaplikasian mematikan listrik (lampu) sejam setiap hari mungkin berasa efeknya kali ya? la kalo cuma 1 jam sekali dalam setahun? cuma terlihat simbolik jadinya

    tapi mungkin ini langkah pertama aja untuk menyadarkan masyarakat gitu kali ya? semoga ada kelanjutan dari event tersebut yang mampu memberi dampak secara lebih dan tidak sekedar simbolik

Switch to our mobile site