Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Upaya Menciptakan Rokok Yang Menyehatkan

11.28.2008 · Posted in Informasi, Umum

Dalam imaji bangsa Indonesia tentang rokok kita (sudah lama) tersihir oleh peringatan yang dianjurkan oleh pemerintah (yang dipasang di setiap bungkus rokok, yaitu: MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN.
Sementara kita tidak tahu sinyalemen ini hasil penelitian di Indonesia atau di luar negeri.
Prof. Dr. Sutiman B. Sumitro, Guru Besar Biologi Molekul Sel (Universitas Brawijaya Malang dan Dekan Fakultas Sain dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang (BUKAN PEROKOK) menulis dalam kertas kerjanya yang disampaikan di Lokakarya tentang Rokok pada tanggal 24 Nopember di Grand Palace Hotel, Malang, antara lain:
Rasanya belum pernah terdengar ada studi tentang rokok Indonesia yang serius. Kebanyakan studi tentang rokok di Indonesia bersifat parsial, dan opini lebih banyak didasarkan pada hasil studi di luar negeri. Studi yang dimaksud adalah studi yang komprehensif tentang rokok Indonesia dan dampak merokok yang meliputi aspek kesehatan, psikologi, sosial, ekonomi yang melibatkan responden dalam skala besar. Bila belum ada hal semacam ini rasanya perlu dilakukan agar diperoleh simpulan yang lebih valid dan dapat dipertanggungjawabkan.
Perlu dicatat bahwa rokok khas Indonesia barangkali berbeda dengan rokok asing yang sudah banyak diteliti. Memang budaya pengambilan keputusan atau simpulan pendapat atas dasar hasil penelitian ilmiah sangat minim di Indonesia. Banyak kasus simpulan pendapat, tidak hanya kasus rokok, cenderung (kita) mengikut opini tanpa kita sendiri secara mandiri melakukan upaya penyimpulan melalui penelitian ilmiah.

Di sisi lain kesadaran pabrik rokok untuk membangun institusi masih minim. Mustinya pabrik rokok memiliki informasi valid dampak setiap produknya di masyarakat. Penelitian untuk membuat rokok lebih “human friendly” perlu dilakukan. Bila perlu diusahakan membuat rokok yang menyehatkan. Hal semacam ini tidak tertutup kemungkinannya dengan perkembangan keilmuan saat ini. Konsep-konsep baru tentang Biologi Nano (nano technology) rasanya dapat digunakan, sekaligus membuat pabrik rokok mampu mengangkat Indonesia dalam pengembangan konsep dan ide-ide ilmiah baru.

QUOTE:

Hal positip rokok berfilter nano:

  • Abu rokok efektif sebagai obat sariawan, penghilang rasa sakit gigi dan penyembuh luka-luka baru atau lama di bagian kulit.
  • Filter nano bekas pakai efektif menghaluskan kulit muka dan mengurangi kerutan.

Sumber: Kertas Kerja yang berjudul: Upaya Menyelesaikan Problema Rokok di Indonesia: Membuat sifat asap rokok kretek menjadi sehat tanpa merubah rasa (Sebuah Pendekatan Nano Biologi), Sutiman B. Sumitro et. al., Kelompok Peneliti Biologi Nano, Laboratorium Biologi Molekul dan Sel Universitas Brawijaya)

Kertas kerja bisa didownload di sini.

Share

Author:

Ingin belajar banyak di blogsphere dengan ilmu yang masih amat sedikit tentang dunia per-blog-blog-an.

website: http://djunaedird.wordpress.com

13 Responses to “Upaya Menciptakan Rokok Yang Menyehatkan”

  1. wah dekan saya tuh… Tapi seperti apa ya rokok yang sehat itu???
    # Abu rokok efektif sebagai obat sariawan, penghilang rasa sakit gigi dan penyembuh luka-luka baru atau lama di bagian kulit.
    kalau itu saya sering buat ngobati luka rasanya pedih sekali..hee :D
    oh iya tadi subuh ko susah di aksesnya kesini???

  2. Walah, bisa maju nuw Indonesia klu perusahaan rokok bersaing kayak gto

  3. saya tidak merokok

  4. pernah dengar sihdiindonesia sedang dikembangkanrokok menyehatkan jadi yang merokok bisa jadi sehat.
    tp klau bisa rokonya itu ada berbagai macam rasa.

  5. gimana kalo rokok nay diganti syisha ajah,, klo itu aq juga hobi hehehe :D

  6. meski bukan perokok, setelah kemaren berdiskusi dengan seorang teman, kayaknya rokok musti tetap exist, agar ratusan ribu buruh pabrik rokok masih tetap dapat menghidupi keluarganya, dan pendapatan negara dari cukai rokok tetap mengalir :D (just opinion)

  7. Kalo memang ada, bisa coba ni untuk beralih yang lebih sehat :D

  8. Masalah rokok tidak semata-mata urusan kesehatan tetapi juga kenyamanan dan kebersihan. Saya lebih menghargai para pecandu narkoba yang tahu diri tidak mengkonsumsinya di muka umum dari pada para perokok yang tebar asap dan puntung rokok disana-sini tanpa rasa bersalah bikin sebel orang lain.

  9. wah iya, dosen saya itu :D

  10. Dahsyat neh…
    ini inovasi..pasti banyak perusahaan rokok yang bersedia membiayai
    bila memang berhasil dilakukan, benar-benar luar biasa

  11. mungkinkah akan ada rokok yg menyehatkan ?

  12. menurut survey ad 7 orang meninggal lebih banyak yg meninggal karena perokok pasiv
    anda mao jadi oran yang ke 8 ??
    hahaaha

Switch to our mobile site