Komunitas Blogger Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang (Ngalam) Raya

Razia Laptop, akankah?

09.05.2008 · Posted in Umum

kemarin saya sempat jalan-jalan ke kantor temen yang baru saja terkena razia software ilegal. banyak yang terjaring oleh polisi, sehingga diharuskan membayar fee atau denda.

terus saya sempat mikir, apakah laptop sekarang ini dan beberapa tahun ke depan akan sama dengan sepeda motor?

bisa dibayangkan bila kita sedang jalan-jalan di Ramayana misalnya, membawa laptop. kemudian diperiksa software-nya legal apa ga?

ato lagi enak2nya nge-net di cafe, kemudian datang beberapa orang berseragam polisi dan berjaket hitam, mendatangi anda semua dan mengutak-atik laptop anda, yang bisa dikatakan ilegal…

setuju kah anda? atau mungkinkah?

Share

Author:

aku arek malang asli, aremania

website: http://lumansupra.wordpress.com

16 Responses to “Razia Laptop, akankah?”

  1. Wah, prosedur razia windows g seperti itu berdasarkan aturan microsoft, harusnya diwarning dulu, tidak asal denda dan sita. Tapi klo kepolisian punya aturan sendiri ya apa boleh buat… :D Klo laptop kita benar2 kita sayangi, g ada salahnya merogoh kocek 750 – 900 ribu buat beli OS Asli :D he..he.. Tapi klo lebih sayang duwitnya ya harus mau ambil resiko dirazia.. Konon sempet juga ada razia di Bandara Soekarno Hatta :D

  2. Nantinya PC jg apa akan dirazia juga?
    Rumah ato kos2an, kan disana juga banyak yang make ilegal.

  3. Jadi inget taun lalu.. banyak temen2 percetakan yg kena razia PC-nya, tapi seperti biasanya.. UUD [Ujung-Ujungnya Duit]!! Setelah bernegosiasi, akhirnya beberapa pengusaha cetak mencetak tersebut saweran untuk ‘lolos’ dari jerat perdata.

  4. Kalau menurut hukum yang berlaku di negeri ini memang pemakai software semacam Windows, Office dan semacamnya memang harus pakai yang bukan bajakan. Kalau pemegang laptop kena razia, memang itu tugas polisi. Hanya soalnya, kalau sudah didenda, apakah ada jaminan untuk tidak ‘ditilang’ lagi?

  5. seperti biasalah, razia itu sifatnya angin-anginan, klo aparat lagi rajin ya di razia, nah klo lagi ada objekan yang lain yang dicuekin deh …

  6. waduh pak police punya gawean anyar lagi… setelah dulu para pemilik bengkel komputer banyak yang KO :(

  7. Ini bukan RAZIA ini proses dalam rangka MENCARI THR para OKNUM.. waspadalah!!!

  8. waduhh bahaya juga tuh….
    kaburrrr

  9. pluto smile says:

    Sudah keterlaluan namanya, knapa tidak skalian aja semua produk yang berhubungan dengan sarana multimedia dilarang, biar ngara kita disebut negara yang sangat2 terbelakang & gagap teknologi karena banyak dikebiri dlam masalah2 yang tidak perlu sebenarnya untuk dibicarakan.Kurang kerjaannnnnn!!!!

  10. kalo aku sih sebenarnya setuju aja sih dengan aturan ini,…
    logikanya apakah harga software lebih mahal di banding laptop yang kita beli…..?
    hasil karya harus di hargai,……jika ini terjadi pada anda…?

  11. untuk merazia software, yang saya tahu harus ada orang dari microsoft yang membawa surat tugas dan di dampingi oleh aparat kepolisian, memang sisdurnya diwarning dulu, tidak langsung main sita and denda saja. lagian yang di razia itu sofware yang di komersilin (perkantoran, warnet, rental dsb) bukan kompi untuk pemakaian pribadi. kalo sisdurnya ga di jalanin. bro-bro boleh nolak kok untuk di razia, karena laptop kita itu adalah privasi.

  12. lood vie says:

    hmm… menurut saya, operasi / razia laptop (software) legal ni di Indonesia masih perlu di sosialisasikan terlebih dahulu… soalnya masih jauh dari keinginan… tapi demi kemajuan dan kredibilitas negara kita ni… harus ada tu razia software legal… ya ni dulu yach…ntar ditambahi lagi…

  13. Sekarang pak polisi makin pitar aja. Walaupun kita bawa laptop dengan windows ori, tetep aja kena. Yang dipermasalahkan adalah perangkat WIFI harus terdaftar di Postel. Kalo nggak terdaftar, bisa jadi alasan buat pak polisi ngambil laptop. Buat mengatasi hal ini, lepas sticker yang terdapat di perangkat WIFI, trus tempelin di body luar laptop.

  14. Razia Laptop, ada-ada aja?

  15. waduh… kali aja nanti ada SIL alias Surat Izin Laptop. klo di luar negeri denger2 di bandara klo bawa laptop juga bakal di periksa asli pa ga. klo ga di tahan. gt deh…

    tapi juga ngeri klo istilahnya nanti ada “cegatan” laptop, polisi ada yang nakal, cari salah2nya orang…

  16. Kalo masih pakai bajakan ya resiko razia dan di tilang. Kalo ngga rela beli lisensi YA PAKAI SAJA LINUX !!! Hidup LINUX !!!

    MAMPUS-LAH KAU MICROSOFT DENGAN KESOMBONGANMU !

Switch to our mobile site