Komunitas Blogger Ngalam Komunitasnya Arek-arek Blogger Malang Raya

Kota Malang dan Sepeda

08.15.2008 · Posted in Opini, Umum, Wisata

Kota Malang merupakan salah satu kota terbaik pemerintah Belanda ketika masih berada di bumi Indonesia. Terlihat dari setting kota dan bentuk bangunan-bangunan yang masih kental terasa. Belanda sendiri sangat identik dengan sepeda. Bagaimana tidak, saking banyaknya sepeda di sana, negeri itu sempat mempunyai julukan negeri sejuta sepeda. Bila kita hubungkan, mestinya kota Malang-pun identik dengan sepeda. Tapi sayang-nya, sudah sangat jarang terlihat orang bersepeda di sini.

Orang bersepeda di Malang hanya banyak dijumpai pada hari Minggu untuk berolahraga. Itu-pun ketika dibandingkan dengan jumlah orang di sini, jumlah pesepeda sangat-sangat sedikit. Saya pernah coba mensurvey 100 orang disini, termasuk saudara, teman dekat, tetangga, teman kantor, dan mahasiswa yang memang berasal dari sini. Yang mengejutkan, tidak sampai 35% dari mereka yang mempunyai sepeda, dan tidak sampai 15% yang perhatian dengan sepeda. Sebagian besar dari mereka yang mempunyai sepeda, merasa tidak tahu menahu dengan sepeda yang pernah dibelinya. Sebagian besar rusak atau ada di gudang karena tidak terpakai. Sayang ya?

Malang dan Sepeda

Malang adalah sebuah kota yang sangat indah, berada pada ketinggian 400m diatas laut membuat kota ini cukup nikmat untuk bersepeda. Apalagi, kota ini dikelilingi oleh puluhan bukit dan gunung. Banyak tempat wisata sepeda dapat dijumpai di sini. Dengan momen yang tepat, dimana saat ini harga BBM sudah sangat tinggi, mari kita mulai bersepeda.

Kota Malang bukan sebuah kota yang besar seperti Jakarta atau Surabaya. Artinya, aktivitas bersepeda masih sangat bisa dilakukan seperti pergi ke kantor, ke kampus, ke sekolah, atau berbelanja. Saya sudah membuktikannya. Hampir setiap pagi, saya mengantar anak saya ke sekolah dengan sepeda. Kemudian sebelum pulang ke rumah, saya sempatkan berputar mengelilingi kota lewat jalur pinggir kota (ring-road) dan sampai di rumah lagi tidak sampai 45 menit. Berdasarkan spedometer jarak tempuhnya kurang lebih 25 kilometer. Segar sekali bersepeda di kota ini. Oleh karena itu, mari… mulailah perbanyak aktivitas kita dengan bersepeda. Nikmati nuansa kota dan udara Malang dengan bersepeda.

penulis: eddys, sumber: mcc

Author: sandynata

Sandynata (Sandy Suryadinata, lahir 16 September) adalah blogger asal kota Malang Blogger satu ini mulai nge-blog sekitar tahun 2001 (mendaftar layanan blogspot) namun pada waktu itu masih belum tahu blog itu apa sih? baru kemudian sekitar akhir 2004 dia mulai mengerti tentang blog dan memposting beberapa artikel yang banyak nggak ada mutunya (yang penting posting).

website: http://sandynata.wordpress.com

9 Responses to “Kota Malang dan Sepeda”

  1. adakah yang berserdia menemani noki bersepeda

  2. Aku gandeng ae wis ^^

  3. btw, komunitas b2w chapter malang belum berdiri, kemungkinan nanti komunitas mcc (http://mcc.stie-mce.ac.id) mencoba untuk mengawalinya, mohon dukungan dari penggemar bersepeda di kota malang

  4. ridarajajowas says:

    Boleh ikutan gak? pengen ikutan dikomunitas bikers malang, kapan kumpulnya, n dimana? biasanya sih cuman sepedaan hari minggu ke batu sama bokap.

  5. rutenya Malang asik nggak..?

  6. mengaa yah tradisi berspeda bisa hilang dikota malang. apa yah yg salah…mengapa hal itu bisa sampai terjadi. Semoga dalam waktu dekat, malang bisa kembali ke imajenya tempo dulu.

  7. bersepeda memang nyaman untuk kota seperti malang, dingin dan tidak terlalu rame seperti jakarta. Sayangya saya tidak memiliki sepeda ketika saya masih kuliah di malang. tetapi sayangnya bersepeda di malang bisa bikin betis meledak karena jalan yang naik turun.

  8. Komunitas B2W Malang dah berdiri April lalu mas-mas semua, bisa ikut milisnya di b2w-malang@yahoogroups. Anggota kita dah >25 orang walaupun yg OL masih dikit. Kopdar tiap minggu di depan lap rektorat unibraw malang jam 7 pagi.

  9. b2w chapter malang telah berdiri tgl.20 april 2008.dan satu-satunya capter malang yg terdaftar di b2w jakarta / pusat.anggota kiat udah lebih dari 30-an dan kita udah ikut event2 seperti obor nusantara dibatu dll.sekian aja infonya salam ngegoweszz dari b2w malang.sekret :kedai sinau sebelah.

Switch to our mobile site