2 tahun BloggerNgalam (2007-2009) Komunitasnya Arek-arek Blogger Kota Malang

Pak Peni pun Nge-Blog!

04.15.2008 · Posted in Opini

Pak Peni NgeblogKok bisa? Betulkah? Bener Pak Peni bisa nge-blog?

Yaiyo yaiyo… (buat yang belum tahu apa itu yaiyo, baca disini)

Maaf, buat yang sudah kadung terjebak membuka halaman ini dan membaca artikel ini, sekali lagi maaf, Anda adalah korban media! Saran saya, terlanjur basah, ya sudah mandi sekali. Terlanjur membuka halaman ini, ya sudah baca sampai selesai saja.

Media massa, sekarang ini adalah sebuah kekuatan. Siapa yang menguasai media, dialah yang menguasai massa. Media Power! kata ilmu komunikasi sekarang. Belajar dari sejarah, mengalahkan sebuah bangsa tidak lepas dari yang namanya propaganda alias usaha memberikan sebuah opini tertentu untuk menguasai massa. Seperti dulu ketika kita di plokotho (dibohongi) dengan suksesnya oleh Jepang oleh propagandanya yang mengatakan bahwa mereka datang sebagai Saudara Tua, sebagai Matahari Asia yang menolong Saudara Muda dari cengkeraman Kompeni Belanda.

Kakek nenek kita kala itu menyambut dengan gembira ria dan suka cita kedatangan Saudara Tua Nippon ini. Merelakan setiap jengkala tanah untuk ditanami pohon jarak demi menghasilkan minyak untuk bahan bakar tank, rela menjadi Heiho untuk diumpankan di garis depan, rela di jemput truk Jepang untuk bekerja membantu pabrik (yang ternyata jadi romusha dan jugun ianfu)… oalah betapa pandai mereka menggunakan RRI dan selebaran untuk menanamkan opini ‘Perang Suci Asia Timur Raya’ ini, dan betapa bodoh kita untuk memakan propaganda ini bulat-bulat.

Atau seperti ketika terlena menonton acara Kelompen Capir dan Galarama sementara Freeport sedang dikeruk habis-habisan. Atau seperti ketika pemikiran kita dibenturkan secara terang-terangan oleh propaganda terorisme yang disebarkan oleh Amerika demi menghalalkan opini publik untuk membangun pipa minyak melewati Afganistan dengan memborbardirnya terlebih dahulu.

Media Power! Kata-kata dan tulisan yang disebarkan secara massal adalah laksana berondongan peluru di tengah perang. Dalam skala yang lebih ringan dan cenderung halal bahkan menjadi bagian pelajaran yang dipelajari di jurusan Diskomvis adalah ‘Propaganda Produk’. Memberikan image tertentu terhadap sebuah produk, misal ketika kita menggunakan Citra White Lotion, maka pikiran kita melayang serasa diatas panggung dan dikelilingi kilauan lampu blitz. Atau ketika kita menghisap Dji Sam Soe, maka rasa sukses dalam hidup pun ikut meresap masuk ke dalam sekujur tubuh. Ahhh… suksesnya aku. Atau ketika kita menghisap merk Country, tiba-tiba kita berada di negeri antah berantah yang penuh petualangan. Begitu dan begitu lah dengan beribu produk lain dengan propaganda nya masing-masing.

Perhatikan propaganda-propaganda di sekitar kita ini akan terus dilakukan sampai-sampai kita tidak bisa membedakan mana kenyataan dan mana impian. Sampai suatu saat kita tetap merasa sukses meski kenyataannya paru-paru jebol karena rokok. Hiks… what a pitty!

Maaf, kembali ke Pak Peni. Itu adalah foto sebuah spanduk yang ada di acara Blog Rally kemaren. Pak Peni tidak ngeblog, pak Peni tidak/belum punya blog. Yang punya blog adalah Blogger Malang, rakyatnya Pak Peni. Tergelitik saya untuk memplintirkan foto menarik tersebut saya sesuaikan judulnya dengan gegap gempita yang tengah berlangsung. Sekaligus juga saya pasang di blog ini pada momen yang tepat. Pak Peni Nge-Blog! Yaiyo yaiyo, maaf kalau Anda akhirnya mengklik judul tadi. Tapi saya sudah minta maaf dan justru ingin memperingatkan Anda terhadap banyaknya propaganda dan pelintiran media yang ada di sekitar kita.

Jadi, hati-hati terhadap media. Tidak usah suka menelan mentah-mentah berita, nonton tivi cukup satu jam sehari, baca koran cukup sekilas lalu buang saja ke tempat sampah, jadilah wartawan sendiri. Ok ?

11 Responses to “Pak Peni pun Nge-Blog!”

  1. *oot*
    kedatangan mas ame, blogger ngalam apdet terus :D

  2. wah ame bakalan jadi aktifis bloggerngalam nih… selamat selamat! Makan-makan!

  3. weh ada satu amunisu baru untuk bloggerngalam

  4. kake guru…ternyata tidak rugi saya berguru padamu di gunung semeru

    :D wekekekekk.. :P

  5. btw mo nampilin avatar e gimana ya people??

  6. oalah…iku foto di tempat registrasi blog rally kmaren to…mas ame fotone yo di sebelahq….gitu ya dikemas panjang banget postingnya….sip!!!

  7. judulnya menarik… setelah baca postingannya, biarpun oot tp menarik juga ^^
    jd intinya klo bikin postingan, judulnya hrs mengandung kalimat propaganda, hekekeke….

  8. He he he .. Klo bisa menggandeng Pak Peni masuk Blogger Ngalam .. tak Coblos lah :D

  9. V9JoQe ggetklmajkzm, [url=http://nbzwlmuafqnv.com/]nbzwlmuafqnv[/url], [link=http://dgdaseaohqtv.com/]dgdaseaohqtv[/link], http://kljzttrckdwu.com/