Komunitas Blogger Kota Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Kota Malang (Ngalam) Raya

Sebutan untuk Kota Malang

01.23.2008 · Posted in Informasi, Opini, Sejarah

Ketika masih tahun 1990an dulu Kabupaten malang terkenal dengan sebutan sebagai Kota Apel. Tapi dengan pergesaran jaman dan perkembangan penduduk dan masyarakatnya yang semakin maju istilah kota malang sebagai kota apel bisa dikatakan udah mulai mulai pudar. Apel sudah tidak identik lagi dengan kota Malang, dikarenakan Batu sudah memeliki otonomi daerah sendiri. Dengan pergeseran tata kota tersebut sekarang slogan kota malang mulai berubah menjadi “Malang Kota Bunga”. Lha ini yang dapat dijadikan pertanyaan, kenapa kok kota Malang dapat dikatakan sebagai kota bunga? Penulis sendiri kurang begitu tahu juga. Menurut pandangan penulis bahwa kota Malang kurang begitu indentik jika disebut sebagai kota bunga. Lha emange dimana Malang terdapat kebun bunga? lha yang jualan ajah jarang nemuin kok. Paling banyak juga masih jualan buah apel di pingggir-pinggir jalan besar.

Dengan perkembangan jaman juga Malang mulai berubah, mulai banyak bermunculan ruko (rumah toko). Ruko ini mulai trend di bangun sebagai tempat usaha mulai tempat makan,distro dll. Jadi Malang juga bisa di sebut “Malang Kota Ruko”. Dengan banyaknya ruko yang berkembang pesat maka diiringi masyarakat yang menggunkan sarana transportasi. Maka munculah mikrolet” dengan cat warna biru ini, udah gak teritung lagi berapa jumlah mikrolet tiap trayek belum lagi trayek yang banyak sehingga pertumbuhan mikrolet di Kota Malang juga semakin berjubel. Ini menyebabkan kota Malang pada jam sibuk yaitu pagi hari (berangkat kerja dan sekolah) siang hari (pulang sekolah & orang cari makan) dan sore hari (pulang kerja) jalanan dikota malang menjadi macet,disebabkan banyaknya mikrolet yang beroperasi dijalanan kota Malang (sukun,alun”,blimbing, dinoyo,sawojajar akeh macete) Nah dengan ini Malang juga bisa disebut sebagai ” Malang Kota Mikrolet”. Ada lagi yang sedang marak layaknya ruko yang terus dibagun di kota malang, juga sedang banyak dibangun yaitu vila (tempat peristirahatan) Malang juga bisa disebut “Malang kota vila” (mekso banget) :D

Menurut para globber disini semua. Sebutan apa yang pas untuk diberikan pada Kota malang kita ini?

13 Responses to “Sebutan untuk Kota Malang”

  1. makobu = malang kota bunga
    makoru = malang kota ruko
    makolet = malang kota mikrolet
    makovil = malang kota vila
    makokam = malang kota kampus

  2. itulah yang kita bingungkan sejak awal kita bikin nama komunitas ini, kita cari2 nama (domain), apa yang identik dengan malang: bunga, pendidikan, apel, etc rasa-rasanya kini semakin sulit mencari identitas kota malang. benar tulisan diatas, sekarang sebutan apel itu milik batu yang sudah jadi kota sendiri. yang masih menjadi identitas kota ini salah satunya adalah “boso walikan” yang sebenarnya juga mulai jarang, karena begitu banyak masyarakat urban dari berbagai kota luar dan berbaur dengan masyarakat malang, menetap, kerasan, yah kini memang kota kita adalah kota urban, lihatlah disekiling kita, tapi itulah keindahan, siapapun yang datang ke malang dan pergi, selalu punya dukungan untuk kota tercinta ini, lanjut!…

  3. Malang sekarang bukanlah sebuah kota kecil, bukanlah kota besar, kota apel atow yang lain. Masihlah boleh disebut sebagai “Kota Malang”. Meskipun secara geografis Malang sudah terpecah menjadi 3 daerah administratif, yaitu Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

    Klo masalah julukan, itu terserah,.. MAKOBU masih pantes, klo julukan yang lain (yg disebut mas Sandy) kayaknya maksa deh :P .

    tapi sebenarnya aku masih tercatat sebagai penduduk Kabupaten Malang sih :lol:

  4. Malang Kota Blogger!!!

  5. Klo makobu jadi mirip namane radio :D

  6. mungkin yang tepat Malang Kota Pendidikan, hal ini didasarkan pada hasil pencarian dengan google.com/trends. Coba aja ketikan http://www.google.com/trends?q=pendidikan di address bar, hasilnya adalah peringkat 1 untuk Kota Malang, Indonesia.
    Sekarang coba cari trends dari kata mesum, cabul, bogel dsb. kemudian coba lihat daftar peringkat listnya.

    • setuju, setiap semester setiap tahun berapa banyak pengunjung kota malang yang sebagian besar dimotivasi karena faktor pendidikan, dari sekolah tk sampai sekolah s3 siapa yang tidak mengakui, perkembangan dan barometer malang sebagai kota pendidikan, dulu dulu banget, IKIP (sekarang universitas negeri malang) adalah IKIP no 1 diantara seluruh IKIP di Indonesia, namun semenjak jadi Universitas (UM) tidak jadi diurutan 1 lagi karena saingan ama universitas lain yang sudah besar2 (UI, UGM etc), tetapi dalam hal pendidikan, malang masih menjadi barometer, orang boleh bilang bahwa JOgja adalah kota Pelajar, tetapi, Malang memang masih layak disebut sebagai “kota Pendidikan” Amin!

  7. malang kota kuwh :D
    ndak tau juga apa malang masi bisa dikatakan makobu ato mako yg lainya.
    tapi setubuh ma goeroekoe kalo hampir sebagian besar orang datang ke malang karena termotivasi dgn nama pendidikan, jadi mungkin yg paling tepat malang kota pendidikan.

  8. btw kalau MaKoBu itu adalah cita-cita (kita?) agar Malang menjadi kota yang berbunga-bunga (dipenuhi bunga di setiap areanya) karena dulunya Malang dikenal sebagai Parisnya Jawa Timur. Sekarang kan pemda menjalankan program Malang Ijo Royo-Royo (MIRR). Nah seharusnya pengelola komunitas Globbers juga merencanakan In Action dalam mendukung program MIRR.

  9. bagusnya MAKORU = MAlang KOta RUwet,
    lah saya pikir gak ada cocok semua… kalo dibilang pendidikan, emang banyak kampus n skolah tapi yang bener2 berkualitas cuma bebrapa aja,pariwisata juga nggak cocok kalo di kota biasa aja se, nggak ada yang mentereng, kalo kabupaten br ada…. kalo kota bunga itu dulu, sekarang pada kering semua …
    yah ruwet jadinya malang

  10. klo ruwet sih gara”nya banyak becak dan mikrolet di jalan” yang vital menjadikan macet. Kalau untuk sebutan malang tetep kota yang adem :D yang suasananya bikin kangen :D
    pa lagi kalau punya kenangan :P Pokok malang top markotop :D

Switch to our mobile site