Komunitas Blogger Kota Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Kota Malang (Ngalam) Raya

Malang Kota Mikrolet

01.18.2008 · Posted in Informasi, Opini, Umum, Wisata

kenapa mikrolet? kenapa bukan bis kota? coba lihat di jogja (yang kata malingsia disebut sebagai kota kuno), disana bagitu banyak bis kota yang mondar-mandir, tapi sayang jalan-jalan ke Maliboro jadi kurang nyaman karena polusi bis kota (eh sekarang masih lewat maliboro nggak yah?) terus dalam beberapa tahun juga mencatat terjadinya kecelakaan di kampus UGM jogja (karena bus kota masuk kampus), beberapa korbannya adalah mahasiswa bahkan tidak sedikit yang meninggal dunia, katanya ini juga terjadi di UI Depok, Jakarta sana. coba bayangkan saja jika bis kota meleati sepanjang jalan Sumbersari Malang, jalan Galunggung, Jl Ambarawa di Malang, atau masuk ke kampus Unibraw, UM, UMM, etc?. kembali lagi ke topik sebelumnya yah mengapa mikrolet? Karena menurut saya ada beberapa alasan, misalnya (1) karena secara geografis kota malang dikelilingi oleh gunung, jadi banyak jalan naik turun yang menjadi hambatan jika diberlakukan biskota, (2) banyak tikungan di jalan-jalan kota malang, ini juga hambatan buat biskota, (3) lebih banyak badan jalan yang kecil daripada badan jalan besar (jalan utama), memang biskota bisa meliuk-liuk melewati kampung-kampung dan perumahan?, (4) lebih tinggi polusi yang dihasilkan oleh bis kota daripada mikrolet, nah icon malang sebagai kota dingin bisa tambah tidak dingin lagi jika diberlakukan biskota. sebagai pelengkap saya sertakan nama, jalur mikrolet yang ada di kota malang, siapa tahu ada yang mememerlukan, terutama buat mahasiswa atau kawan-kawan rantau dari luar kota =) sumber aslinya dari sini

MIKROLET [Berdasarkan Rapat Pemkot dan Wakil Organda Malang 1 Oktober 2005]

NO.

NAMA JALUR

TRAYEK YANG DI LALUI

TARIF

1.

A – G

ARJOSARI – GADANG

Rp. 2.000

2.

G – A

GADANG – ARJOSARI

Rp. 2.000

3.

A – D – L

ARJOSARI – DINOYO – LANDUNGSARI

Rp. 2.000

4.

L – D – G

LANDUNGSARI – DINOYO – GADANG

Rp. 2.000

5.

M – M

MULYOREJO – MADYAPURO

Rp. 2.000

6.

G – M

GADANG – MADYOPURO

Rp. 2.000

7.

M – T

MULYOREJO – TLOGOWARU

Rp. 2.000

8.

M – K

MADYOPURO – KARANG BESUKI

Rp. 2.000

9.

A – B – G

ARJOSARI – BOROBUDUR – GADANG

Rp. 2.000

10.

A – J – G

ARJOSARI – JANTI – GADANG

Rp. 2.000

11.

A – M – G

ARJOSARI – MERGOSONO – GADANG

Rp. 2.000

12.

C – K – L

CEMOROKANDANG – LANDUNGSARI

Rp. 2.000

13.

A – T

ARJOSARI – TIDAR

Rp. 2.000

14.

A – L

ARJOSARI – LANDUNGSARI

Rp. 2.000

15.

L – G

LANDUNGSARI – GADANG

Rp. 2.000

16.

G – L

GADANG – LANDUNGSARI

Rp. 2.000

17.

A – S – D

ARJOSARI – SOEKARNO HATTA – DIENG

Rp. 2.000

18.

G – M – L

GADANG – MERGAN – LANDUNGSARI

Rp. 2.000

19.

P – B – B

POLOWIJEN – BOROBUDUR – BUNUL

Rp. 2.000

20.

J – P – K

JOYOGRAND – PIRANHA – KARANGLO

Rp. 2.000

21.

J – D – M

JOYOGRAND – DINOYO – MERGAN

Rp. 2.000

22.

T – S – T

TLOGOWARU – SARANGAN – TASIKMADU

Rp. 2.000

23.

M – K – S

MULYOREJO – KLAYATAN – SUKUN

Rp. 2.000

24.

T – A – T

TLOGOWARU – ARJOWINANGUN – TIRTOSARI

Rp. 2.000

25.

T – S – G

TAWANGMANGU – SOEKARNO HATTA – GASEK

Rp. 2.000


Keterangan : Untuk pelajar adalah sebesar Rp. 1.500,-

Author: zaM

zaM dari kota Malang - Indonesia, 28 tahun. Seorang ayah dan seorang suami. Sehari-hari bekerja sebagai Web Designer (XHTML & CSS Hand Coder) bersama tim iCreativeLabs. Seorang Fulltime dan bisa menjadi Freelancer. Silahkan hubungi langsung melalui e-mail jika ingin berbagi project :-)

website: http://zam.web.id

43 Responses to “Malang Kota Mikrolet”

  1. kalo bisa di kasi trayek jalannya mas…biar lebih lengkap gituh….

  2. seep seep,
    weh lmyn digawe siap2 lak kesasar :D

  3. wacana tentang akan dibukanya trayek bus kota di kota malang dulu sempat mencuat. saya ndak tau mana kubu yang pro dan mana yang kontra. tapi bersukur deh nggak jadi diberlakukan.

    dengan panther yang merajalela di jalanan saja sudah lumayan bikin jalan raya di kota ini nggak nyaman, apalagi ketambahan bis kota? *cuek sebut merk*

    oot nih, pak.
    saya memimpikan pemkot malang menggalakkan program bike to work.

  4. Weee … vivi td byr Rp.1500 pdhl byrnya pake uang Rp.5000 an loh :-D
    Lmyn 500 bs buat beli permen hehehehe … :-D

  5. udah ilfill naek angkot :D
    pernah bbrp kali pulang kantor jalan kaki krn motor lagi rusak, males naek angkot, buang2 duit, soalnya kalo naek angkot 2 kali naek, ABG trus CKL, total 4000, padahal jaraknya nanggung banget, itung2 olahraga, jalan kaki 30 menit baru nyampe rumah :D

  6. Ada ralat sedikit masalah tariff mas, soalnya kadang2 mikrolet nya nggak mau soalnya jaraknya terlalu jauh..

    COntoh jalur tst ajah untuk jaraj dari Tasik madu ke Tlogowaru biasanya mereka narik 3000-4000 dikarenakan alasan jauh,

    Tryek juga mas, kadang2 GA yang seharusnya Gadang-Arjosari biasanya cuman sampai Kacuk..
    Hal yang sama berlaku juga untuk ABG,, Supir rata2 nggak mau nerusin sampai Gadang dan pemberhentian terakhir di Pasar Besar ajah…

  7. M – A = Mangliawan Arjosari… termasuk angkot ga?

  8. di malang, angkot2nya punya sound sistem gede gak di dalemnya?

    • maaf, pertanyaan anda salah jurusan :D

    • g ada mas, di malang angkotnya standart banget, g kayak di balikpapan, biuh.. kayak diskotik berjalan.. dum dum dum.. ajeb.. ajeb.. ajeb…

    • di sumatera juga gitu,.. didaerah Riau (Pekanbaru), di Padang, Palembang, trus di Jambi. Lagune JedamJedem, menggarai ndase mumet.
      Katanya orang sana, klo ndak ada musiknya = ndak laku.

      *kesel2 mari menek tower marai mumeth*

  9. Lak nang jogja ra onok seng jenenge mikrolet…
    onok colt Bison (tapi wes podo bobrok kabeh) ambek bis ” kota lak nang malang mirip bis bagong, (vise cilik”). Saiki Jogja yo wes nyonto proyeke busway seng koyok nang jakarta, tapi nang jogja jeneng Transjogja bise yo cilik, soale wong jogja lebih seneng numpak pedah montor drpd biss,biss nang kene ra pati payu…

  10. tetep….

    saya pecinta jalan kaki…

    (duit naik angkotnya ditabung buat beli BMW)

  11. aku biyen kok lebih nyaman numpak BEMO yoh? opo maneh sing lungguh ndhek sebelah/ngarep kie kodew sinam.

    .::he509x™::.

  12. 4 tahun lebih pernah menetap di Malang dan mengalami kerasnya dan senengnya hidup di kota yang dingin ini, klo Malang kota angkot, trus kota dingin, ma kota apel dah pindah ke Batu yah ???

  13. mbo’o sekalian pak sopir angkot ngalam diajari ngeblog. Bhen apik.. :D

  14. bener juga yach
    sekarang aja malang udah panas, apa lagi kalo ada bis kotanya, wah tambah panas ker

  15. gimanapun juga beruntung warga malang raya dengan angkotnya.. dibandingkan daerah lain, malang kebih rapi.. apalagi di daerahku (ponorogo) tewur n tarifnya ga’ karuan..

  16. wes ga tau naek angkot,mendingan naek mtr ato spd bhkan kalo lg hepi jalan kaki jalan deh ABM-BRAWIJAYA

  17. gak ngurus iki blok tentang opo
    seng penteng HIDOEP AREMA
    OYI

    S1J

  18. dengan populasi mikrolet di malang masih mendingan dengan kota lain seperti di bogor-jawa barat dimana kota tersebut bener2 berwarna hijau semua krn mikrolet lebih banyak dan mengusai jalanan bener….mungkin kalo di foto udara bogor hijau yang dikira penuh dengan kebon raya, padhl mikrolet…moga2 malang jgn seperti itu

  19. Wah, podo ama mbogor kota seribu angkot

  20. jd kangen sama angkot, scara dulu kemana2 ngandalin angkot, skrg mesti ganti ngandalin bis, eh, malah hampir kecopetan :)
    *membayangkan: kalau bis kota di jogja diganti angkot kayak di malang gimana yah?*

  21. untung nang jogja ora onok ankot :D onoke dokar, becak, bis kota, bis transjogja dan colt bison :P

  22. Kalau jaman saya kuliah dulu, sebutannya Malang Kota Bemo. Bunyinya nyaring, truuung tuuuung tuuuung :P

  23. saya punya pengalaman buruk naik angkot di malang, naek GML dari markisa ke tambora, tapi pas di galungung kita mau dicopet, untuk ketaun gelagatnya jadi turun deh di depan SD Percobaan 2.
    sekarang angkot di malang masih banyak copetnya ga ?

  24. terakhir naek angkot jaman smp

    masi 350

    ternyata sekarang sudah naek :P

  25. aduh bapak..kurang lengkap tuch angkotnya..kan ada juga PCT,PBB,DLL

    tapi angkot di malang gak nyaman banget.karena udah pada waktunya pensiun,berkarat,kotor,dll

    ganti donkkkkk

  26. bdw skarang nambah Lagi juLukannya..
    MaLang kota RUKO.. o_0
    kLo kota angkot kayaknya bogor Lebih Layak..
    abiz,sejauh mata memandang adanya angkot thok..! =)

  27. permasalahan tentang angkot di malang di perbanyak dunk…
    cs saya butuh data tuk skripsi..
    sblumnya maksh.

  28. @windi
    wah kalo butuh buat skripsi ya anda minta data ke bagian yang berkepentingan donk, misal DLLAJR, pemkot dsb, datanya akan lebih valid, kalo ngambil dari blog kan hanya berupa opini

  29. affan2fly says:

    Sayang kalo ada bisa kota, udah jalannya sempit, blom lagi klo nurunin ma naikin penumpang. Awalnya sih mungkin di halte, tapi lama2 juga sembarangan as always…

  30. @pink
    Setuju kalo malang udh jadi kota ruko…
    Denger2 malah di daerah rajajowas mulai dari gapura masuk rajajowas sampai ke perempatan ke daerah greenfield mau di jadiin ruko.
    Bayangkan, jarak antara gapura ama perempatan greenfield jauh amir…
    PAsti buuaanyyak banget rukonya.. :D

  31. saiki wes mundak Rp 2500 jauh dekat, kalo malam Rp 3000 ( ga disusuk i)

    pengen bike to work deh sekalian olahraga biar sehat :p

  32. saya temenin pak

Switch to our mobile site