Komunitas Blogger Kota Malang (Ngalam) Komunitasnya Arek-arek Blogger Kota Malang (Ngalam) Raya

Malang kota Vokasi, SMA dikonversi

01.03.2008 · Posted in Pendidikan, Umum

Malang dicanangkan sebagai kota vokasi, hal ini patut dibanggakan atau patut dipertanyakan?

Hal ini terjadi ketika bapak walikota Malang menerima reward seperti dilangsir situs resmi kota malang yang berisi sebagai berikut.

Citra Kota Malang sebagai kota pendidikan terus menguat yang mana akan meraih penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional, setelah Walikota Malang Drs. Peni Suparto, M.AP melakukan presentasi di depan Mendiknas Bambang Sudibyo di Gedung Depdiknas Jakarta pada akhir pekan kemarin.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dr. H. Shofwan, SH. MSi. mengatakan ”Pada bulan Agustus mendatang Kota Malang akan mendapat reward khusus sebagai Kota Vokasi di Indonesia.”

Sumber : Malang Post.04.06.2007

Namun sayangnya hal tersebut berimbas dikonversinya SMA 11 dan SMA 12, hal ini cukup disayangkan karena semestinya pemkot malang mampu membuat SMK tambahan tanpa merubah status SMA 11 dan SMA 12 menjadi SMK, padahal minat untuk ke SMA juga tidak sedikit, dan daya tampung SMA/SMK tidak berimbang dengan jumlah lulusan SMP/MTs. Sedangkan para guru yang terpaksa mengajar bidang kejuruan dirasa tidak sesuai lagi, mereka harus memiliki ilmu kejuruan. Oleh karena itu, para guru dilatih ilmu kejuruan.

Untuk kebutuhan tenaga pendidik, SMKN 12 akan bekerja sama dengan sejumlah lembaga pendidikan, seperti Fakultas Teknik Pertanian Universitas Brawijaya (Unibraw). Sedangkan untuk guru pendidik di jurusan lain, tercatat 12 guru akan mengikuti pelatihan dan pengembangan pendidikan kejuruhan di Vocational Education Development Center (VEDC) Malang.

sumber: www.surya.co.id

Namun bagaimanakah nasib SMA nantinya? apakah SMA akan kian berkurang di kota malang? ataukah kurikulum SMA yang perlu dirombak sehingga sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja?

Author: dhega

website: http://www.febiharsa.com

9 Responses to “Malang kota Vokasi, SMA dikonversi”

  1. Pertamax
    ini sebuah dilema bro, tentu minat SMA masih banyak lebih-lebih malang ini punya predikat kota pendidikan, tapi bro!, keadaan negeri ini, keadaan ekonomi bangsa ini, yang membuat seperti itu, dari pusat sono, diknas pusat tahun2 kedepan lebih memprioritaskan SMK, anggaran uang untuk SMK diperbanyak daripada sekolah umum, itu berimbas ke lokal, seperti malang

  2. betul, keadaan ekonomi bangsa ini, memerlukan banyak lulusan level menengah yang siap kerja, dan ini ditunjukkan oleh beberapa smk di malang baca di sinijuga di sini, beberapa langsung menjadi wirausaha,
    Politeknik di malang juga bertambah 1 lagi, artinya jalur kejuruan sudah diapkan prospek ke depannya.
    di jerman, jumlah smk serta pendidikan vokasi lebih banyak dibanding sma/akademis, sehingga wirausaha/industri tumbuh lebih cepat.

  3. nek bener alokasi dana pendidikan buat SMK lebih banyak dibanding SMA, kesempatan lagi nih buat proyek-nya sofwan ;p
    wong iki sakti sekali sudah puluhan tahun “ngoyot” nang diknas malang gak onok sing iso nggeser.

    salam pendidikan
    ian

  4. Nasib SMA akan ditentukan generasi Guru-guru muda.
    jika mereka ikut “lingkaran hitam” dan “hanyut” maka wassalam.
    tetapi jika mereka berani “melawan” dan membuat “perubahan”
    Tunggu saja, perubahan ke arah yg lebih baik akan datang *aMin* ;)

  5. Wah, ya meski SMK itu punya prospek bagus menghasilkan orang-orang produktif, SMA juga perlu lho.. untuk manghasilkan pemikir-pemikir.. Bukannya mikir itu ga penting lho..

  6. sebelum anda mengeluarkan bahwa malang adalah kota vokasi karena sebagaian dari kami tdak tahu apa arti dari kata vokasi tersebut dan akhirnya sebagaian masyarakat tidak perduli dengan berita bahwa malang adalah kota vokasi jadi saya mohon banget supaya dijelaskan!!!

  7. NYAMMY CATERING
    Catering paling Murah, Cepat, Enak, Nyammy, Lezat, Lengkap dan Menyebabkan KETAGIHAN!!!
    Hubungi : Tyas (0341-9282493)
    [Nyammy Catering – Selezat Masakan Ibu]

  8. Semoga dengan makin banyaknya SMK di Kota Malang, akan menjadikan Malang gudangnya orang2 yang terampil.
    Dan, yang dulunya SMAN kemudian berubag jd SMK, moga alumni2 nya bisa tetap merasa bangga dgn sekolahnya tersebut. Good luck

Switch to our mobile site